Obituarium untuk Nurhasanah, Sang Pengisi Suara Doraemon, Telenovela, dan Film India

Obituarium untuk Nurhasanah, Sang Pengisi Suara Doraemon, Telenovela, dan Film India
Nurhasanah, pengisi suara Doraemon tutup usia. (Twitter/DoraemonHariIni)

Pengisi suara Doraemon, Nurhasanah, meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020). Sebelum melegenda bersama serial kartun ini, Nurhasanah ternyata juga sempat mengisi suara untuk telenovela dan film India. Seperti apa ya kisah hidupnya?

Inibaru.id – Penggemar Doraemon di seluruh Indonesia berduka. Pengisi suara Doraemon, Nurhasanah Iskandar meninggal pada Minggu (12/7/2020). Dia menyusul rekannya, Prabawati Sukarta, pengisi suara Sizhuka yang tutup usia pada 19 Juni 2020. Nurhasanah meninggal pada usia 62 tahun.

Menjadi pengisi suara legendaris sosok Doraemon versi bahasa Indonesia sejak 1990-an, nggak banyak yang tahu kalau Nurhasanah sebelumnya bekerja di RRI pada bagian produksi sandiwara radio. Terus, dia juga sempat mengisi suara untuk sejumlah film india dan telenovela.

Namun, nama Nurhasanah memang baru berkibar di kalangan masyarakat semenjak menyulih suara sang robot kucing pada 1993. Suaranya yang serak dan berat dianggap sangat cocok dengan karakter dan penampilan Doraemon.

Terkait kematian Nurhasanah, pengisi suara Giant, Bima Sakti, sempat mengungkapkan penyebab kematian sobat karibnya itu. Bima mengatakan, dia pernah mengalami serangan jantung dan stroke pada 2017 lalu.

“Iya, sudah sakit stroke sejak Desember 2017 karena komplikasi jantung,” ucap Bima, dikutip dari Detik, Minggu (12/7).

Akibat serangan jantung, Nurhasanah sempat melakukan operasi pemasangan ring pada jantungnya. Namun, perempuan berjilbab itu kemudian mengalami stroke dan akhirnya dirawat di rumah sakit untuk sementara waktu.

Nurhasanah saat mengisi suara Doraemon. (Hai.grid.id)
Nurhasanah saat mengisi suara Doraemon. (Hai.grid.id)

Bima mengaku kali terakhir bertemu Nurhasanah pada Maret 2020, sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Jakarta. Saat itu, kondisi kesehatannya memang sudah memburuk.

Semenjak sakit pada 2017, Nurhasanah telah berhenti "menjadi" Doraemon. Selain alasan kesehatan, Nurhasanah berhenti karena merasa mengalami kelelahan dan pengin fokus bersama dengan keluarganya.

Nah, yang menarik, penyulih suara Doraemon kemudian dilakukan oleh putranya sendiri, Dana Robyansah. Eits, jangan berburuk sangka, pemilihan Dana bukan karena faktor kedekatan keluarga, kok, tapi melalui audisi yang meloloskannya.

“Waktu itu anaknya ikut audisi, ternyata sesuai, meski nggak sama tapi suaranya paling mendekati suara Doraemon sebelumnya. Kalau nggak salah, Dana masih jadi pengisi suara sampai sekarang,” ucap pengisi suara Ibu Nobita, Ely Kusumah.

Duh, jadi kangen dengan suara Bu Nurhasanah di Doraemon. Terima kasih ya, Bu, telah menemani masa kecil kita dengan kebahagiaan! (Det/IB09/E03)