Obat yang Harus Dimiliki Anak Kos, Buat Jaga-jaga

Obat yang Harus Dimiliki Anak Kos, Buat Jaga-jaga
Ilustrasi: Obat yang harus dimiliki anak kos. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mengingat anak kos sering hidup sendirian, mau nggak mau harus jaga-jaga sendiri jika sakit. Nah, biar cepat sembuh, berikut adalah obat yang harus dimiliki anak kos. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Namanya juga anak kos, apa-apa tentu harus mandiri. Kalaupun sedang sakit atau nggak enak badan, mau nggak mau juga harus ngerawat diri. Nah, biar cepet sembuh, berikut adalah daftar obat yang harus dimiliki anak kos, Millens.

1.       Obat Luka Ringan

Eh, ini beneran harus punya, lo, Millens. Kadang, tanpa sengaja kamu terluka karena hal-hal kecil seperti terpeleset di kamar mandi, memegang pisau, dan lain-lain. Jadi, biar nggak mudah kena infeksi, kamu pun harus menyediakan obat merah, kain kasa, atau plester.

Obat-obatan ini bisa dengan mudah kamu cari di apotek atau warung-warung terdekat. Harganya juga nggak mahal, kok.

2.       Jamu Cair Saset

Orang Indonesia masih setia dengan jamu, Millens. Hal ini disebabkan oleh khasiat jamu yang memang bisa bikin badan jadi lebih sehat, mengatasi nggak enak badan, sekaligus meningkatkan sistem imun.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus menunggu tukang jamu lewat, ya Millens. Kini, ada sejumlah jamu cair saset yang bisa kamu beli di warung-warung terdekat. Sediain deh di kos kalau seandainya kamu butuh sewaktu-waktu.

3.       Obat Maag

Maag adalah salah satu penyakit khas anak kos. Maklum, karena mager atau banyak tugas yang harus dikerjain, makan jadi sering telat. Kalau sudah begini, asam lambung pun naik dan jadi bikin nggak nyaman, deh.

Ada sejumlah obat yang harus dimiliki anak kos agar bisa sembuh saat sakit. (KlikDokter)
Ada sejumlah obat yang harus dimiliki anak kos agar bisa sembuh saat sakit. (KlikDokter)

Untungnya, obat maag bisa dibeli di warung-warung dekat rumah. Pilihannya juga banyak, dari yang cair, tablet, atau yang berupa serbuk dengan rasa segar. Hanya, kalau maag yang kamu miliki udah lumayan parah, sebaiknya periksa ke dokter, ya?

4.       Obat Diare dan Oralit

Penyakit khas anak kos lainnya adalah diare. Banyak anak kos yang makan sembarangan hanya karena tertarik saat melihatnya di pinggir jalan atau makan tanpa mau cuci tangan dulu. Dampaknya, ya harus bolak-balik ke kamar mandi, deh.

Obat diare ada bermacam-macam jenis dan jenamanya. Pilihlah yang sekiranya paling cocok dengan kondisimu. Selain itu sediakan pula oralit agar nggak mengalami dehidrasi saat diare, ya Millens.

5.       Obat Flu dan Obat Batuk

Kalau ini sih penyakit yang lumayan sering dialami siapa saja, ya Millens. Nggak hanya anak kos. Kalau memang sedang musimnya atau pas sistem imun kamu sedang nggak bagus, ya kamu bakal kena deh.

Sejumlah obat flu biasanya berjenis ibuprofen, paracetamol, dekongestan, atau ekspetoran. Nah, ekspektoran ini juga bisa berfungsi sebagai obat batuk berdahak, Millens. Obat-obatan ini bisa kamu beli di warung-warung dekat rumah, kok.

6.       Obat Alergi

Kalau kamu punya alergi, mau nggak mau harus menyediakannya ya, Millens. Jadi, kalau tiba-tiba masalah alergimu muncul, kamu bisa segera mengatasinya deh.

Kira-kira ada lagi nggak obat yang harus disediakan anak kos, Millens? (Ruk/IB09/E05)