Nyeri Setelah Berolahraga? Ini Alasannya

Nyeri Setelah Berolahraga? Ini Alasannya
Ilustrasi pegal setelah berolahraga. (Shutterstock)

Setelah berolahraga, tubuh akan terasa nyeri dan pegal di beberapa bagian terutama bagi mereka yang jarang melakukannya. Rasa nyeri dan pegal itu akan semakin terasa saat kamu terbangun di pagi hari setelah berolahraga. Hm, wajar nggak ya?

Inibaru.id – Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga secara rutin sangat dianjurkan. Kamu bisa  olahraga ringan maupun berat di sela kesibukan. Namun, pernah nggak sih kamu merasakan nyeri dan pegal di seluruh tubuh setelah berolahraga, terutama saat kamu terbangun di keesokan harinya?

Rasa nyeri setelah olahraga biasanya dirasakan orang yang jarang meregangkan otot-ototnya atau baru kembali berolahraga setelah jeda panjang. Hal ini juga bisa terjadi saat seseorang meningkatkan intensitas olahraga dan melakukan olahraga yang cukup berat tanpa istirahat cukup.

Rasa nyeri wajar terjadi setelah berolahraga. (Shutterstock)

Yap, saat kamu melakukan gerakan baru atau gerakan yang jarang dilakukan otot, sel-sel otot pada bagian tubuh yang digunakan akan mengalami kerusakan. Serabut otot yang digunakan berolahraga bakal tertekan dan pecah. Namun, setelah itu otot akan segera beradaptasi dan memperbaiki serabut otot tersebut menjadi lebih besar dan lebih kuat melalui serangkaian aktivitas yang berat sekalipun.

Kerusakan itulah yang mengakibatkan rasa nyeri dan pegal pada tubuh. Rasa nyeri itu juga menjadi tanda otot mulai beradaptasi dengan aktivitas yang dilakukan tubuh.

Jika dilakukan secara rutin, rasa nyeri setelah berolahraga akan jarang terjadi. (Shutterstock)

Eits, tenang saja, Millens. Keadaan yang disebut Delayed Onset Muscle Sense (DOMS) ini wajar dan dapat dialami semua orang, kok.

Laman Hellosehat, (12/2/2018) menulis, DOMS biasanya terjadi 6 hingga 8 jam setelah kamu melakukan olahraga. Sementara itu, rasa nyeri yang kamu rasakan bakal mereda setelah 24 hingga 48 jam setelahnya. Setelah mengalami DOMS, rasa nyeri dan pegal akan jarang kamu alami kembali.

Jadi jangan kapok berolahraga meski merasakan nyeri dan pegal setelahnya ya, Millens. Aktivitas olahraga yang rutin akan membuat otot tubuhmu terbiasa. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar deh. (IB10/E04)