Nonton Pameran Seni Tapi Nggak Baca Keterangan Karya, Yakin?

Nonton Pameran Seni Tapi Nggak Baca Keterangan Karya, Yakin?
Seorang pengunjung sedang membaca keterangan karya di ArtJog MMXIX. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Saat berkunjung ke pameran karya, pastilah fokusmu tertuju pada karya itu. Namun, sempatkah kamu menengok keterangan karya?

Inibaru.id – Sobat Millens, sering nggak sih kamu datang di acara pameran karya seni? Ya, baik seni lukis ataupun instalasi, datang ke pameran karya adalah keputusan yang tepat. Selain kamu bisa mengapresiasi karya para seniman, kamu juga bisa sekaligus menyetok foto buat di media sosial karena karya-karya yang dipajang rata-rata artistik.

Namun, dewasa ini tujuan kedualah yang paling kentara. Mereka yang datang ke pameran karya seni justru terlihat lebih mementingkan swafoto ketimbang menelaah karya-karya seni yang dipamerkan.

Hal ini seperti yang penulis rasakan beberapa waktu lalu. Saat itu, penulis berkesempatan untuk menikmati karya-karya seni pada ajang ArtJog MMXIX. Bertempat di Jogja National Museum, sebanyak 39 ruang karya bertema “Arts in Common” dipamerkan. Karya-karya itu ada yang dibuat seniman dalam negeri, ada juga hasil kreativitas seniman luar negeri.

Kendati banyak yang hanya berswafoto, beberapa pengunjung tetap asyik menelaah setiap keterangan karya seperti Karnellia Siska. Pengunjung asal Malang itu sengaja bertandang ke Yogyakarta demi menuntaskan rasa penasarannya akan ArtJog. Dia pun melihat satu per satu karya dan nggak lupa membaca keterangannya.

“Kalau datang ke pameran gini aku justru selalu mencari keterangan karyanya. Soalnya dari situ kita tahu apa sih arti karya itu. Ya kan karya seni itu kadang nggak mudah dipahami, ya,” katanya.

Pengunjung membaca salah satu keterangan karya di ArtJog MMXIX pada Selasa (20/8). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Hal serupa juga diungkapkan Noni. Mahasiswi asal Sulawesi itu mengaku baru kali pertama datang pada ArtJog. Dia juga terlihat selalu membaca keterangan karya.

“Iya, aku baca keterangan karya soalnya biar tahu maknanya sih,” jawabnya di sela-sela memotret temannya.

Hm, setiap orang tentu punya tujuan saat datang di sebuah pameran atau festival karya seni. Namun, alangkah baiknya kalau kamu juga baca keterangannya ya, Millens supaya lebih bisa memaknai karya itu. Oh iya satu lagi, jangan asal pegang karya yang dipamerkan ya. Mematuhi aturan tertulis atau tidak tertulis pada suatu pameran juga suatu wujud apresiasi, lo.

Salah seorang penjaga stand karya sempat bercerita tentang tingkah laku pengunjung yang brutal hanya untuk mendapat foto instagenik.

“Iya kemarin ada karya yang sudah dibeli, eh malah dijatuhkan sampai patah. Kalau gitu kan ya merugikan,” ujarnya.

Duh, nggak banget deh kalau kaya gitu! Yuk, jadi pengunjung yang bijak, Millens. (Ida Fitriyah/E05)