Ningsih Tinampi Klaim Temukan Obat Corona, Begini Tanggapan Ahli

Ningsih Tinampi Klaim Temukan Obat Corona, Begini Tanggapan Ahli
Ningsih Tinampi (aktualnews.co)

Para ilmuwan di seluruh dunia masih berusaha mencari obat untuk menyembuhkan pasien corona. Hanya, Ningsih Tinampi mengklaim sudah menemukannya. Seperti apa tanggapan para ahli terkait hal ini?

Inibaru.id – Terapis pengobatan alternatif Ningsih Tinampi kembali memicu kontroversi. Kali ini, Ningsih mengaku sudah menemukan obat yang bisa menyembuhkan pasien corona. Perempuan asal Pasuruan itu bahkan sudah menjual obat tersebut dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 35 ribu.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyudi pun memberikan tanggapan terkait klaim Ningsih Tinampi ini. Dia mengatakan ada dua pendekatan dalam menemukan suatu obat, yaitu pendekatan ilmiah dan non-ilmiah.

Penemuan obat secara ilmiah nggak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus memenuhi beberapa syarat. Obat juga harus melalui uji teori dan percobaan di laboratorium. Sebelum dicoba pada manusia, juga harus dites dulu ke binatang.

“Penemuan itu harus melalui fase-fase yang panjang. Banyak orang yang nggak sabar dengan hal ini. Tapi kalau mencari obat non ilmiah, lebih cepat meski terkadang obat ini masih ada efek sampingnya,” kata Joni Senin (20/4/2020).

Joni pun menambahkan hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Covid-19. Sebab, pasien corona sebenarnya dapat sembuh apabila memiliki daya tahan tubuh yang baik.

“Karena sifatnya yang bisa sembuh sendiri, saat ada seseorang yang memberikan sesuatu lalu kebetulan sembuh, justru dianggap sembuh karena itu,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Dirut RSUD Dr Soetomo itu.

Ningsih Tinampi menjual obat yang ditawarkannya (republika)
Ningsih Tinampi menjual obat yang ditawarkannya (republika)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga ikut mengeluarkan tanggapan terkait hal ini. Menurutnya, kini ada banyak orang yang mempromosikan obata-obatan serupa. Hanya, dia menyarankan masyarakat untuk nggak sembarangan mengonsumsi obat yang belum jelas. Apalagi yang belum diuji secara ilmiah.

“kita juga punya standar untuk membuat suatu produk seperti komposisinya, izin edarnya, dan seterusnya. Itu akan tetap menjadi SOP penanganan obat, baik untuk Covid-19 maupun pengobatan lain,” kata Khofifah.

Hingga saat ini, ilmuwan dari berbagai belahan dunia masih berusaha untuk menemukan vaksin dan obat untuk menangani Covid-19. Meski tahapan yang dilalui masih panjang, diharapkan obat dan vaksin ini bisa segera ditemukan.

Hal ini berarti, kamu nggak boleh sembarangan percaya dengan klaim adanya obat-obatan untuk virus corona, ya? Saat ini sebaiknya jaga kondisi kesehatan dan sistem imun. Selain itu, tetap di rumah aja, ya Millens(Kum/MG31/E07)