Nikon Indonesia Tutup, Terdampak Covid-19?

Nikon Indonesia Tutup, Terdampak Covid-19?
Nikon Indonesia resmi tutup. (Flickr/ Chase Elliott Clark)

Operasional Nikon Indonesia resmi tutup mulai Kamis (22/10/2020) ini. Apa penyebab salah satu raksasa fotografi di Indonesia ini sampai berhenti, ya?

Inibaru.id – Dunia fotografi Indonesia tersentak. Salah satu dari tiga ‘agama’ terbesar yang dianut fotografer Tanah Air, Nikon, secara resmi menutup operasionalnya di Indonesia pada hari ini, Kamis (22/10/2020). Apa penyebabnya, ya?

Berdasarkan keterangan resmi di Instagram resminya, Nikon Indonesia telah memindahkan seluruh kegiatan penjualan dan after sales ke PT Alta Nikindo. FYI, nih, perusahaan tersebut memang distributor resmi Nikon di Tanah Air.

Kami akan tetap memberikan layanan dan support terbaik kepada para pengguna Nikon di Indonesia dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan sales, marketing, dan service ke PT Alta Nikindo selaku distribrutor resmi Nikon di Indonesia,” tulis Nikon di akun @nikonindonesia.

Nikon Indonesia mulai berhenti beroperasi Kamis (22/10/2020). (Flickr/

Daniel Wood)
Nikon Indonesia mulai berhenti beroperasi Kamis (22/10/2020). (Flickr/ Daniel Wood)

Kabar mundurnya Nikon ini dikonfirmasi oleh General Manager of Imaging Division Nikon Indonesia Sukimin Thio. Dia juga mengunggah informasi terkait tutupnya Nikon di akun Instagram pribadinya @sukiminthio.

Layanan premium Nikon di Indonesia, Z Privilege Membership juga secara otomatis nggak lagi berlaku mulai hari Kamis (22/10).

Belum jelas apa penyebab pasti Nikon tutup di Indonesia. Tapi banyak pakar yang menyebut hal ini terkait dengan dampak dari pandemi Covid-19 yang nggak kunjung bisa dikendalikan di Tanah Air. Hal ini membuat pasar kamera di Indonesia sepanjang 2020 lesu. Apalagi kebanyakan orang semakin selektif untuk membelanjakan uangnya di masa krisis.

Nikon adalah salah satu raksasa fotografi dunia. (Flickr/dannyboyster)
Nikon adalah salah satu raksasa fotografi dunia. (Flickr/dannyboyster)

Nikon dikenal sebagai salah satu raksasa produk-produk fotografi di seluruh dunia. Berdiri pada 1917 di Tokyo, Jepang, Nikon memiliki banyak produk optik seperti lensa, teropong, mikroskop, dan produk-produk fotografi. Nggak hanya teknologi optik, Nikon juga masuk dalam daftar 10 besar produsen semikonduktor terbesar di seluruh dunia.

Pada 1988, Nikon menciptakan inovasi besar di industri kamera sehingga produk-produknya digemari banyak orang di seluruh dunia. Salah satu yang paling legendaris adalah kamera digital single lense reflect.

Kamu termasuk orang yang menggunakan kamera Nikon atau justru kini lebih terbiasa mengambil gambar hanya dengan kamera ponsel, nih, Millens? Apapun yang kamu pakai, pasti sedih ya mendengar kabar tutupnya Nikon Indonesia? (Kum/IB09/E05)