Ngopi Segar dengan Metode Cold Brew

Ngopi Segar dengan Metode Cold Brew
Kopi Cold Brew (chefsteps.com)

Kamu penggemar es tapi pengin ngopi atau penggemar kopi tapi punya masalah lambung? Coba deh minum kopi dengan metode cold brew satu ini. Yuk, simak selengkapnya.

Inibaru.idMillens, pernahkah kamu menyeruput kopi cold brew? Jika belum, nggak ada salahnya mencoba kopi dengan metode ini. Ya, metode cold brew adalah metode membuat kopi dengan sensasi dingin dan segar. Eits, meskipun dingin, kopi cold brew tetap punya cita rasa yang enak dan wangi yang lebih tajam, lo.

Untuk mendapatkan cita rasa dan wangi yang pas, biji kopi harus direndam lebih dulu dalam air dingin selama 12-24 jam. Karena waktu merendamnya lama, biji kopi yang dipilih pun sebaiknya dari biji kopi yang memiliki kadar manis yang tinggi. Proses perendaman biji kopi yang mirip dengan infused water ini dimaksudkan agar menghasilkan konsentrat yang pekat.

Sebelum populer dengan nama cold brew, metode ini dulunya dikenal dengan nama Kyoto Coffe. Konon, metode ini kali pertama diperkenalkan para pedagang Belanda pada masyarakat Jepang sekitar 1600-an. Ini karena para pedagang tersebut berlayar selama berminggu-minggu sehingga mereka mencari cara agar kopi yang mereka bawa bisa tahan lama. Untuk menyeduhnya pun bukan dengan air dingin, melainkan dengan air panas.

Nah, di akhir tahun 1960-an, seorang ahli teknik dari Guatemala datang ke Houston, Texas, Amerika Serikat. Ahli teknik bernama Todd Simpson itu duduk di sebuah kafe kecil dan memesan kopi. Setelah meminum kopi tersebut, Simpson kemudian terinsiprasi untuk menciptakan mesin pembuat kopi yang enak tapi aman untuk penderita gangguan pencernaan, seperti ditulis Toddycafe.com, (3/12/2003). Jadilah mesin pembuat kopi dengan menggunakan metode cold brew satu ini.

Menyeduh kopi cold brew. (Majalah.ottencoffee.co.id)

Jika kamu pengin membuat kopi dengan metode cold brew, ada tiga hal yang harus kamu perhatikan, yaitu ukuran giling, waktu ekstraksi, dan air. Untuk menggiling biji kopi, sebaiknya kamu menggunakan ukuran medium. Perhatikan pula waktu ekstraksinya. Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 18 jam. Satu hal yang nggak kalah penting yakni kamu nggak perlu menggunakan es batu atau air bersuhu 0oC. Untuk mendapatkan tingkat kepahitan yang rendah, jagalah suhu air agar tetap di bawah 20o C, ya, Millens.

Oh iya, kopi yang diseduh dengan metode cold brew ini juga aman bagi penderita maag, lo. Ini karena rasa kopi cold brew nggak seasam kopi tubruk tradisional. Wah, kesempatan nih!

Bagi kamu yang penasaran mencicipi kopi cold brew, ada beberapa tempat seru di Semarang yang akan memanjakan lidahmu. Kamu bisa menikmati kopi ini di The Blue Lotus Coffe House, Strada Caffe, Steam & Brew.co, dan Café Coco Madeleine. Selamat mencoba, Millens. (IB15/E04)