Minta Gaji Tinggi Boleh, Asal...

Minta Gaji Tinggi Boleh, Asal...
Saat wawancara kerja biasanya pelamar akan ditanya berapa gaji yang dia inginkan. (Shutterstock)

Pekan lalu jagad maya digegerkan dengan tangkapan layar (screenshot) status sebuah akun media sosial yang menolak tawaran pekerjaan lantaran gaji nggak sesuai dengan latar pendidikannya. Kamu boleh saja kok mengajukan gaji tinggi tapi dengan pertimbangan berikut ini.

Inibaru.id – Saat muncul kabar seorang lulusan Universitas Indonesia menolak pekerjaan di sebuah perusahaan lokal lantaran bergaji Rp 8 juta, banyak warganet yang langsung menghujatnya. Dia disebut nggak tahu diri karena gaji tersebut sudah cukup tinggi di kalangan fresh graduate. Eh, kamu tahu nggak? Sebenarnya, seorang pencari kerja boleh saja mengajukan gaji tinggi saat wawancara. Tapi harus memperhatikan aspek-aspek berikut ini. 

Pahami Standar Gaji Para Pekerja di Indonesia

Berdasarkan data BPS bulan Agustus 2018 yang dilansir dari liputan6 (26/7), rata-rata gaji fresh graduate di Indonesia adalah Rp 2.108.362,-. Untuk sektor kepemimpinan dan tata laksana rata-rata gajinya adalah Rp 3.327.742,- Itu adalah rata-rata tertinggi, dan untuk rata-rata terendahnya adalah Rp 1.701.000,-. But, jangan heran juga kalau ada fresh graduate yang gajinya di atas Rp 5 juta! Soalnya ada beberapa sektor yang memang berani untuk memberi gaji tinggi karena itu memang sepadan dengan skill-nya!

Pahami Skill dan Pastikan Kamu Memang Layak Dapat Gaji Besar

Skill, kapabilitas dan etos kerja yang baik nggak selalu dimiliki oleh lulusan kampus ternama. Ketiga hal tersebut adalah pondasi yang pada dasarnya bergantung pada masing-masing pribadi. Mau lulusan kampus luar negeri pun kalau kamu nggak membekali diri dengan skill yang mumpuni ya sama saja!

So, kamu paham kan kalau nilai jualmu bukan soal di mana kamu meraih gelar sarjanamu tapi bagaimana kapabilitas dirimu. Bisa dibilang ini kode keras buatmu yang saat ini masih kuliah, jangan suka mager. Yang nggak kalah penting, perluas jaringan! Kembangkan potensi dan soft skill mu biar perusahaan nggak ragu kasih kamu gaji tinggi. Setuju, Millens? (IB23/E05)