Nggak Usah Muluk-Muluk, 5 Hal Kecil Ini Bisa Menjadikanmu Agen Penyelamat Bumi!

Nggak Usah Muluk-Muluk, 5 Hal Kecil Ini Bisa Menjadikanmu Agen Penyelamat Bumi!
Hal sederhana sekali pun bisa dilakukan untuk meringankan beban bumi dari sampah. (Liputan6)

Kamu nggak harus menciptakan alat pendaur ulang sampah yang rumit kok kalau mau menyelamatkan bumi dari tumpukan sampah. Beberapa hal berikut juga bisa kamu terapkan.

Inibaru.id – Banyak yang fokus pada hal besar, namun mengabaikan hal-hal kecil. Padahal sesuatu yang besar itu dapat dicapai dengan konsistensi pada hal kecil. Nah, berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat kamu terapkan sebagai langkah nyata untuk menyelamatkan bumi dari serangan sampah.

Kurangi Penggunaan Tisu Basah

Tisu yang satu ini memang sering menjadi benda wajib untuk dibawa ke mana-mana. Apalagi kalau kamu adalah orang yang menjunjung tinggi kebersihan, ha-ha! Tapi ada satu hal yang harus kamu tahu bahwa sebenarnya tisu basah itu mengandung plastik, lo! Jadi, alangkah baiknya kalau mulai sekarang kita kurangi penggunaan tisu basah ya, Millens! Soalnya sampah dari tisu tersebut sulit untuk diuraikan, hmmmm.

Pakai Alat Makan yang Reusable

Bukan hanya sedotan, sumpit yang sekali pakai pun berpotensi menambah jumlah sampah, lo! Jadi, kalau memang kamu pengin maksimal sebagai agen penyelamat bumi ya sekalian saja! Jangan cuma pakai sedotan yang reusable, tapi sumpit dan alat makan lain juga! He-he.

Beli Baju Seperlunya

Tahu kan kalau bahan dasar baju itu kapas? Tapi, tahu juga nggak kalau ternyata kapas itu masuk tumbuhan yang rakus air? Tahu nggak kalau kapas yang dibutuhkan satu helai baju membutuhkan 2700 liter air dan itu setara dengan kebutuhan konsumsi satu orang untuk waktu 2,5 tahun. Jadi mulai sekarang lebih bijak ya, Millens! Selain untuk menyelamatkan bumi juga hitung-hitung menyelamatkan isi dompet, ha-ha!

Hindari Penggunaan Baterai Sekali Pakai!

Beberapa alat elektronik memang masih menggunakan jenis baterai sekali pakai dan tentu saja ini kurang baik bagi bumi. Kenapa begitu? Baterai mengandung zat kimia seperti seng, mangan, tembaga, perak, merkuri, dan lithium. Zat-zat tersebut beracun dan sulit terurai dan bisa mengakibatkan polusi air. So, ngerti kan? Kenapa harus mengurangi penggunaanya?

Setop Membuang-buang Makanan!

Kelakuan siapa nih yang sering nggak habis kalau makan? Jangan menyia-nyiakan berkat ya, Millens! Nggak semua orang bisa seberuntung kamu dalam urusan makan. Jadi alangkah baiknya jika kamu lebih bijak saat membeli makanan.

Beli secukupnya dan usahakan untuk nggak menyia-nyiakannya karena salah satu penyumbang jumlah sampah tertinggi di dunia adalah makanan sisa. Hm, padahal masih banyak orang yang kelaparan, lo!

Jadi gimana, Millens? Lima hal di atas nggak berat kan? (IB23/E05)