Nggak Terbayang! Ini lo yang Dilakukan Pramugari Saat Penumpang Meninggal di Pesawat

Nggak Terbayang! Ini lo yang Dilakukan Pramugari Saat Penumpang Meninggal di Pesawat
Apa perlakuan pramugari pada penumpang yang meninggal di pesawat? (Kasto80)

Mungkin kamu belum pernah mendapati penumpang yang meninggal di pesawat karena pramugari melakukan tindakan yang senyap untuk menanganinya. Lalu apa sih prosedur yang dilakukan oleh pramugari?

Inibaru.id – Kematian memang bisa datang kapan saja tanpa diketahui oleh siapapun. Kematian bisa saja datang saat kamu melakukan berbagai kegiatan termasuk saat dalam perjalanan. Tapi kamu pernah kepikiran nggak sih jika ada penumpang yang meninggal di pesawat ketika mengudara?

Mungkin kamu juga bakal bertanya apa yang bakal dilakukan oleh pramugari dan awak pesawat jika mendapati penumpangnya meninggal. Yang perlu kamu tahu, saat pramugari mendapati hal ini pada penumpangnya, mereka akan melakukan tindakan diam-diam sehingga nggak menimbulkan kegaduhan.

Tindakan yang umum dilakukan oleh pramugari adalah mengencangkan seat belt jenazah dan memberikannya selimut layaknya penumpang biasa. Hal ini dinilai paling efektif agar nggak mengundang perhatian penumpang lain dan sebagai bentuk penghormatan pada penumpang tersebut.

Pramugari akan menyelimuti jenazah. (Google)
Pramugari akan menyelimuti jenazah. (Google)

Tindakan ini tentu dilakukan secara diam-diam dan senormal mungkin agar penumpang lain nggak memandangi jenazah. Salah seorang Maskapai Jet Blue mengaku bahwa pramugari atau pramugara nggak akan mengumumkan kematian tersebut dalam perjalanan pada penumpang lain.

Kondisi medis tersebut harus ditanggapi oleh awak pesawat secara bijak agar suasana tetap kondusif. Mereka akan membuat semua orang terlihat hidup, meskipun penumpang tersebut telah meninggal. Namun aturan tersebut punya standar tersendiri bagi tiap maskapai, Millens!

Quartz, perwakilan dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional, mengungkap bahwa ada beberapa maskapai yang awak kabinnya dilatih untuk memberikan tindak lanjut lewat transfer ruangan saat mendapati penumpang meninggal di pesawat.

Mereka akan memindahkan jenazah dari kabin penumpang ke kabin yang berisi barisan bangku kosong. Jenazah juga bisa saja dipindah ke bagian dapur, atau kompartmen khusus di kelas satu yang disebut dengan ‘lemari mayat’.

Mereka juga bisa memindahkan jenazah ke ruang khusus. (Ana.co)
Mereka juga bisa memindahkan jenazah ke ruang khusus. (Ana.co)

Lalu saat pesawat telah mendarat, jenazah akan diturunkan paling akhir dari penumpang lainnya. Proses pengurusan jenazah seperti otopsi, pengurusan dokumen kematian, dan menghubungi keluarga akan dilakukan setelah pesawat mendarat.

Proses perlakuan orang yang meninggal di pesawat memang senormal memperlakukan penumpang lainnya. Jadi sangat mungkin kamu berada dalam satu pesawat yang sama dengan jenazah tapi kamu nggak mengetahuinya. Mungkin saja! (Kum/IB27/E05)