Nggak Takut Gendut, Mahasiswa dan Pekerja Perempuan Lebih Khawatirkan Masalah Kesehatan Pascalebaran

Nggak Takut Gendut, Mahasiswa dan Pekerja Perempuan Lebih Khawatirkan Masalah Kesehatan Pascalebaran
Nggak melulu berat badan yang naik, penyakit juga banyak mengincar setelah lebaran. (Inibaru.id/ Audrian F)

Pola makan serta kelelahan saat lebaran bisa menyebabkan berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah berat badan naik akibat nggak bisa mengontrol pola makan. Apa saja keluhan kesehatan pascalebaran yang dialami mahasiswi dan pekerja perempuan di Kota Semarang?

Inibaru.id - Lebaran memang bikin senang sekaligus khawatir, terutama buat yang suka kalap mencoba berbagai makanan. Nggak heran, beberapa orang khawatir berat badan akan naik pascalebaran. Namun bagi beberapa mahasiswi dan pegawai perempuan di Kota Semarang ini, lebaran nggak lantas bikin mereka nggak takut jadi lebar-an.

Makanan tinggi kalori dan gula yang sering disantap ketika lebaran jadi salah satu penyebab naiknya berat badan pascalebaran. Selain itu kurangnya bergerak dan kurang tidur yang berujung pada ngemil juga berkontribusi terhadap naiknya berat badan lo.

Beberapa mahasiswi dan pegawai perempuan yang merantau ke Kota Semarang sepertinya nggak begitu khawatir akan mengalami peningkatan berat badan lo. Malah ada yang mengaku turun sebanyak 2 kg. Lena, seorang mahasiswi tingkat akhir mengaku kalau selama bertahun-tahun tetap stagnan. “Dari dulu 45 kg terus,” tuturnya.

Hal senada juga dialami Ela, seorang pegawai perusahaan di wilayah Kendal juga nggak mengkhawatirkan naiknya berat badan pascalebaran. “Malah turun 2 kilo,” tuturnya. Menurutnya, dia konsisten menjaga pola makannya selama lebaran. Perempuan 23 tahun ini juga mengaku bahwa dirinya mengontrol jumlah makanan yang masuk ke tubuhnya.

Nggak cuma permasalahan berat badan, penyakit yang sering timbul pascalebaran juga jadi ancaman lo. Mulai dari kelelahan, meningkatnya kadar kolesterol, mag, radang tenggorokan hingga flu batuk siap menghinggapi. Nggak heran, banyak tempat pelayanan kesehatan ramai didatangi warga untuk berobat.

Beberapa perempuan ini pun mengaku mengalami berbagai keluhan kesehatan pascalebaran. Rata-rata dari mereka mengaku mudah lelah dan daya tahan tubuh menurun. Salah satunya juga merasa lebih mudah mengantuk. Namun begitu, nggak semua responden ingin melakukan medical check up ke dokter.

Beberapa keluhan yang dirasakan pascalebaran punya keterkaitan dengan pola makan yang nggak sehat dan kegiatanmu saat lebaran lo. Medical check up ini penting untuk mendeteksi berbagai gangguan kesehatan. Nah untuk mengatasi berbagai keluhan pascalebaran ini, kamu bisa mengkonsumsi serat seperti sayur dan buah minimal lima mangkuk per hari serta melakukan aktivitas fisik. Jadi gimana? berat badanmu naik berapa kilo pascalebaran? (Zulfa Anisah/E05)