Nggak Perlu Takut, Puasa Justru Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Nggak Perlu Takut, Puasa Justru Memperkuat Sistem Imun Tubuh
Berpuasa bisa membuat badan lemas namun nggak melemahkan sistem imun tubuh (uprint)

Seharian menahan lapar dan haus saat berpuasa nggak akan membuat kondisi tubuhmu melemah, lo. Justu, sistem imun tubuh kamu bisa menjadi semakin kuat. Kok bisa?.

Inibaru.id – Pandemi corona tidak menghalangi umat Muslim untuk menjalani ibadah berpuasa. Meski begitu, puasa di bulan Ramadan tahun ini memang dilingkupi oleh rasa cemas akibat adanya pandemi Corona. Banyak orang yang khawatir puasa bisa membuat badan menjadi lebih lemas dan menurunkan sistem imun tubuh. Beruntung, pakar kesehatan membantah anggapan ini.

Ahli Gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM) R. Dwi Budiningsari, SP., M.Kes., Ph.D. menyatakan puasa seharian justru bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

“Sejumlah penelitian menyebutkan berpuasa dapat  meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa meningkatkan risiko Covid-19,” ujar dikutip dari laman resmi UGM, Kamis (23/4)

Puasa Memperbaiki Jaringan Sel yang Rusak

Dwi menjelaskan, berpuasa bisa membantu tubuh memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak. Bahkan, jika kamu mampu berpuasa 30 hari penuh di bulan Ramadan, proses produksi sel-sel darah putih yang baru akan membaik.

Ilustrasi puasa (Medical News Today)
Ilustrasi puasa (Medical News Today)

Sel darah putih adalah salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh. Semakin baik produksinya, semakin kuat sistem imun tubuh dalam menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus. Meski begitu, hal ini juga harus didukung dengan asupan gizi yang baik.

Selain penting bagi sistem imun tubuh, asupan gizi yang baik juga bisa dijadikan sumber energi saat berpuasa, membuat tubuh tetap sehat dan bugar, sekaligus mendukung pertumbuhan bagi anak-anak atau remaja.

Tips Sehat Saat Berpuasa

Meski menyehatkan, kamu juga harus lebih cermat saat berpuasa. Jika tidak menjaga gaya hidup sehat, bisa jadi kondisi tubuh akan menurun.

Berikut adalah beberapa tips sehat saat berpuasa yang sebaiknya kita terapkan.

Kurma, hidangan sehat untuk berbuka puasa (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kurma, hidangan sehat untuk berbuka puasa (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

1.       Jangan Memaksakan Diri Jika Sakit

Jika kamu tetap berpuasa meski tubuh sedang sakit, bisa jadi kondisi tubuh akan semakin lemah, sistem imun menurun, dan nggak kunjung sembuh. Risiko terkena gejala yang lebih berat pun akan meningkat.

2.       Menjaga Pola Makan

Pola makan mengalami perubahan drastis di bulan puasa. Hanya, pastikan untuk tetap menjaganya agar tetap sehat. Sebagai contoh, kamu harus tetap mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, jangan sembarangan mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau dengan porsi berlebihan saat berbuka puasa.

3.       Menjaga Asupan Cairan

Pastikan untuk tetap menjaga asupan air putih sekitar 2 liter sehari. Jumlah ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air sebanyak 8 atau 9 gelas. Hanya, jangan berlebihan minum air saat sahur agar perutmu tetap nyaman selama berpuasa..

4.       Mengurangi Konsumsi Gula

Makanan manis sangat nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa kurang baik bagi tubuh. Sebaiknya batasi asupan gula maksimal 50 gram atau sekitar 4 sendok makan saja setiap hari.

5. Perhatikan Waktu Tidur

Jangan tidur terlalu larut agar bisa tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup di bulan puasa. Jika sampai kamu kurang tidur, sistem imun bisa menurun dan membuat kamu mudah jatuh sakit.

Tetap semangat untuk berpuasa, ya Millens. Selain itu, pastikan untuk di rumah aja atau menjaga jarak dan rajin cuci tangan jika harus ke luar rumah demi mencegah penularan virus. (Kom/MG31/E07)