Enam Cara Antiribet Ini Membantumu Mengatasi Rambut Rontok

Enam Cara Antiribet Ini Membantumu Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok. (SRS Hair Clinic)

Rambut kamu rontok? Yuk, ikuti 6 cara ini untuk mengatasinya!

Inibaru.id – Kesal nggak sih kalau harus menghadapi rambut rontok? Setiap menyisir rambut, mandi bahkan bangun tidur yang kamu temukan adalah helai-helai rambut yang rontok. Duh, stres banget deh!

Normalnya, rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai. Jadi hal ini wajar kok. Namun, jika rontok terjadi secara terus-menerus, kamu bisa saja megalami kebotakan permanen. Hi...

Daripada pergi ke klinik kecantikan untuk megatasi rambut rontok, yuk ikuti enam cara sederhana dan murah ini!

1. Ketahui Penyebab Rambut Rontok

Cari tahu masalah rambutmu. (Hellosehat)

Sebelum kamu benar-benar memulai untuk mengatasi rambut rontok, kamu perlu mencari tahu penyebab apa yang membuat rambutmu rontok. Mengetahui penyebab rambut rontok akan lebih memudahkanmu mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pemilihan gaya rambut, stres, pengaruh obat, kurang gizi, hingga gejala suatu penyakit.

2. Pilih Sampo Sesuai Kondisi Rambut

Ilustrasi produk sampo. (Shutterstock)

Di supermarket atau minimarket, kamu bisa menemukan ada banyak produk sampo yang dijual dengan manfaat yang beragam. Nah, saat membeli sampo, sesuaikan dengan kebutuhan kondisi rambutmu. Misalnya untuk merawat rambut yang rontok, kamu bisa menggunakan produk dengan manfaat hair fall control treatment.

3. Hindari Penggunaan Hair Styling Terlalu Panas

Ilustrasi hair styling. (All Things Hair)

Kalau kamu sering menggunakan alat-alat hair styling, perhatikan suhu panas yang kamu gunakan ya, Millens. Sebab, alat styling rambut yang terlalu panas dapat merusak rambut. Gunakan lah perlindungan dengan heat protector pada rambut dan atur suhu agar nggak terlalu panas dan rambutmu tetap sehat.

4. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Ilustrasi mengikat rambut. (copyright man repeller)

Kerontokan rambut biasanya disebabkan oleh kondisi akar rambut yang rapuh. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang. Rambut yang tertarik terlalu kencang akan membuatnya mengalami patah kemudian gugur. Jadi, pastikan untuk mengikat rambut secara longgar ya!

5. Jaga Kebersihan Rambut

Ilustrasi menjaga kebersihan rambut. (Zinkevych)

Nah, ini nih yang paling penting! Bila kamu mengabaikan kebersihan rambut, berbagai masalah  bakal muncul di kemudian hari. Makanya, pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala ya. Keramas membantu kepalamu terbebas dari kotoran yang dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

6. Biasakan Sarapan Pagi Bergizi Tinggi

 

Ilustrasi sarapan. (Shutterstock)

Salah satu akibat jangka panjang jika mengabaikan sarapan pagi adalah kerontokan rambut. Selain itu, sarapan tanpa memperhatikan gizi juga berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Konsumsi lah makanan sederhana yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan zink yang tinggi. Protein sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan keratin yang ada di dalam rambut lo.

Nah selain mudah, tips perawatan rambut di atas dijamin low budget banget deh. Selamat mencoba ya, Millens! (IB07/E06)