Nggak Perlu ke Luar Negeri, 5 Padang Pasir Ini Ada di Indonesia

Nggak Perlu ke Luar Negeri, 5 Padang Pasir Ini Ada di Indonesia
Nggak hanya di Timur Tengah, di Indonesia pun ada padang pasir. (Instagram.com/dionr1308)

Pengin melancong ke padang pasir nggak perlu harus terbang ke luar negeri, Millens. Di Indonesia juga banyak kok. Di mana saja ya? Yuk, simak.

Inibaru.id - Kalau ngobrol masalah gurun pasir pasti yang terlintas adalah negara-negara Timur-Tengah. Namun jangan salah, di Indonesia ternyata ada juga gurun pasir. Kendati nggak seluas Gurun Ghobi atau Sahara, gurun pasir Indonesia layak kamu sambangi.

Di mana sajakah lokasinya?

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo nggak perlu kamu tempuh jauh-jauh. (instagram.com/auliiarizky)
Gumuk Pasir Parangkusumo nggak perlu kamu tempuh jauh-jauh. (instagram.com/auliiarizky)

Berlokasi di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, gumuk pasir ini juga merupakan salah satu tempat wisata gurun pasir terkenal di Indonesia. Tahu nggak, pasir yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki karakter yang sama dengan pasir yang ada di gurun pasir di negara Meksiko lo?Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Meksiko bukan?

2. Gumuk Pasir Sumalu

Di Gumuk Pasir Sumalu konturnya lebih berbukit-bukit. (Instagram/arifin_wongso)
Di Gumuk Pasir Sumalu konturnya lebih berbukit-bukit. (Instagram/arifin_wongso)

Kalau yang satu ini letaknya di Toraja. Tipikal Gumuk Pasir Sumalu ini berbeda dengan padang pasir di Timur Tengah, bentuknya lebih berbukit-bukit dengan permukaan yang sangat padat. Lanskapnya terlihat ciamik tatkala ada terpaan angin yang menerbangkan pasir-pasirnya dan disinari matahari pagi. Indah.

3. Gurun Pasir Oetune

Gurun Pasir Pantai Oetune mirip Gurun Sahara. (GoodNewsFromIndonesia)<br>
Gurun Pasir Pantai Oetune mirip Gurun Sahara. (GoodNewsFromIndonesia)

Kontur gurun pasir yang tersaji di pantai Oetune ini mirip dengan di Gurun Sahara. Pantai yang berada di Nusa Tenggara Timur ini luasnya mencapai 100m2 dan gurun pasirnya terhampar di sepanjang pantainya. Untuk mencapai Pantai Oetune butuh waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam dari Kota Kupang.

4. Bukit Pasir Busung

Gurun pasir bekas endapan penambangan bauksit. (Dakatour)<br>
Gurun pasir bekas endapan penambangan bauksit. (Dakatour)

Gurun pasir di Pulau Bintan ini adalah bekas penambangan bauksit yang kini mengeras. Penambangan tersebut sudah dihentikan sejak orde baru dan terbengkelai hingga kini. Namun sekarang menjadi lokasi wisata favorit buat wisatawan karena Instagramable.

5. Padang Pasir Bromo

Di Gunung Bromo ada Padang Pasir berbisik. (AgungBromoTravel)<br>
Di Gunung Bromo ada Padang Pasir berbisik. (AgungBromoTravel)

Nggak diherankan lagi dengan padang pasir satu ini. Gunung Bromo memang sudah sangat terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Waktu paling tetap untuk datang adalah di pagi hari untuk menikmati sunrise.

Namun hal menarik nggak itu saja, sambil naik kuda kamu bisa merasakan embusan angin yang membawa pasir-pasir seperti di Gurun Sahara. Kalau dibayangkan, mirip di film Scorpion King gitulah, Millens. He

Jadi, kalau pandemi berakhir padang pasir mana yang mau kamu sambangi duluan, Millens? (IB28/E05)