Nggak Perlu ke Jepang, di Klaten Kamu Bisa Lihat Sungai Jernih Penuh Ikan

Nggak Perlu ke Jepang, di Klaten Kamu Bisa Lihat Sungai Jernih Penuh Ikan
Saluran air Watergong di Klaten penuh dengan ikan. (Twitter/kabarklaten)

Di Klaten, kamu bisa menikmati saluran air yang jernih dan dipenuhi dengan ikan. Kamu juga bisa lo menyantap ikan yang diambil langsung dari saluran air tersebut. Keren ya?

Inibaru.id – Kalau kamu disuguhi gambar atau video yang memperlihatkan saluran air yang jernih dan dipenuhi dengan ikan berwarna-warni, pasti yang terbayang adalah sebuah tempat di Jepang. Eits, kalau kamu pengin melihatnya secara langsung, nggak perlu jauh-jauh ke sana kok. Di Klaten, ada lo tempat yang juga menunjukkan saluran air yang jernih penuh dengan ikan. Nama tempatnya adalah Watergong.

Pengelola tempat ini, Bagong Margono mengaku Watergong sudah ada sejak enam tahun lalu. Hanya, ikan-ikan berwarna-warni ini baru ada sejak dua tahun silam.

“Jenis ikannya nila semua. Baru dua minggu lalu kita tambahkan ikan koi,” ucap Bagong pada Selasa (22/9/2020).

Selain wisata melihat ikan, juga disediakan restoran. (Twitter/kabarklaten)
Selain wisata melihat ikan, juga disediakan restoran. (Twitter/kabarklaten)

Saluran air Watergong memiliki panjang 100 meter yang dibagi dalam beberapa petak. Setiap petaknya memiliki panjang sekitar 20 meter. Lebar saluran ini adalah 5 meter. Di setiap petak ini, Bagong menabur bibit ikan sebanyak satu ton. Empat bulan setelahnya, ikan-ikan ini bisa dipanen hingga seberat 20 ton!

Jadi, selain kamu bisa menikmati saluran air yang dihiasi dengan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang dengan lincah, kamu juga bisa lo melakukan wisata kuliner berupa aneka makanan dari bahan ikan.

“Kalau hidangan restorannya tinggal ngambil ikan dari situ. Tapi karena ikannya terlalu banyak, banyak ikan yang sudah besar akhirnya dijual,” ujar Bagong.

Sebelumnya Tempat Ini Adalah Pembuangan Sampah

Saluran air terlihat bersih dan asri. (Twitter/kabarklaten)
Saluran air terlihat bersih dan asri. (Twitter/kabarklaten)

Meski kini terlihat indah, bersih, dan asri, dulunya Watergong ternyata adalah tempat pembuangan sampah. Bagong masih ingat dulu aliran sungai ini sangatlah kotor. Beruntung, rasa cintanya terhadap lingkungan nggak membuatnya patah arang. Dia pun dengan penuh semangat membersihkan sungai ini dari sampah dan semak belukar.

“Yang paling berat itu mengubah pola pikir masyarakat agar nggak lagi buang sampah sembarangan,” cerita Bagong.

Agar nggak lagi membuang sampah di sungai, Bagong pun menempatkan gerobak sampah di setiap gang perumahan. Jadi, warga nggak perlu lagi bingung ke mana membuang sampah.

“Sekarang sungainya bersih. Banyak orang datang main ke sini,” ucap Bagong dengan bangga.

Gimana, Millens, tertarik untuk berkunjung ke Watergong? Lokasinya ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Lokasi ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. (Kom/IB09/E05)