Nggak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Pasang Aplikasi Android Non-Playstore

Nggak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Pasang Aplikasi Android Non-Playstore
Cara memasang aplikasi selain di Playstore. (AndroidPIT)

Pengguna Android pasti sangat mengandalkan Google Playstore untuk mencari aplikasi. Namun, bagaimana kalau aplikasi yang kamu inginkan nggak ada di sana?

Inibaru.id – Bak iPhone dan App Store, Android dan Google Playstore juga seperti dua komponen yang nggak terpisahkan. Setiap ponsel android tentu sudah dibekali dengan Google Playstore untuk mempermudah penggunanya mencari aplikasi.

Ada ribuan aplikasi yang bisa diunduh pengguna android lewat Playstore. Namun, ada juga beberapa aplikasi yang nggak tersedia di sana. Bisa jadi nggak ada aplikasinya atau karena aplikasi itu nggak diluncurkan di negaramu.

Kalau menemui kendala seperti ini, jangan bingung. Kamu masih bisa memasang aplikasi android dari pihak ketiga, kok. Hal yang perlu kamu lakukan yakni membuka situs yang sudah terverifikasi seperti APKMirror melalui mesin pencari di ponselmu.

Setelah itu, cari aplikasi yang kamu pengin. Kemudian, ketuk versi yang diinginkan lalu ketuk nama file dan ketuk tombol merah bertuliskan “Unduh APK”.

Sebelum terunduh, kamu pasti akan mendapat peringatan tentang risiko pemasangan aplikasi. Kalau memang sudah sepakat, langsung saja ketuk tombol “OK” untuk melanjutkan.

Kalau aplikasi sudah terunduh, ketuk notifikasi untuk memulai pemasangan. Ketuk tautan “Pengaturan” lantas aktifkan saklar yang muncul di layar. Selanjutnya, kembali ke halaman awal dan konfirmasi borang peringatan untuk melakukan pemasangan.

Ta da, aplikasi yang kamu inginkan sudah terpasang di ponsel! Gimana nggak ribet kan? Eits, tapi kamu perlu berhati-hati dalam memasang aplikasi yang diunduh dari luar Playstore karena berpotensi terjangkit virus. Jadi, teliti dulu aplikasi yang bakal kalian pasang ya, Millens! (MG23/E04)