Nggak Perlu Beli, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Nggak Perlu Beli, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
Hand sanitizer. (John Roark/The Idaho Post-Register via AP)

Hand sanitizer dan masker kini semakin langka di pasaran. Jika ada pun harganya sangat mahal. Berikut adalah cara praktis membuat hand sanitizer sendiri untuk menjaga kebersihan dan mencegah penularan virus corona.

Inibaru.id – Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah datangnya virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Selain mencuci tangan dengan sabun, cairan pembersih tangan atau hand sanitizer juga dianggap jadi alternatif untuk menjaga kebersihan tangan.

Adanya kasus positif virus corona di Indonesia membuat masyarakat panik. Di berbagai pusat perbelanjaan, barang-barang seperti masker dan hand sanitizer habis karena diborong masyarakat yang nggak ingin ikut terpapar virus yang telah membunuh ribuan orang di seluruh dunia ini.

Handsanitizer. (CNNIndonesia)
Handsanitizer. (CNNIndonesia)

Jika kita sudah nggak kebagian hand sanitizer, nggak perlu bingung. Ternyata, hand sanitizer bisa dibuat sendiri, lo. Sebelum membuatnya, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan. Bahan-bahan tersebut adalah.

  •  Dua per tiga cangkir alkohol gosok atau isopropyl alcohol
  •  Sepertiga cangkir jel lidah buaya
  • Setengah sendok teh minyak vitamin E (opsional)
  • 8 hingga 10 tetes minyak esensial layaknya minyak lavender, minyak peppermint, dan lain-lain

Campur seluruh bahan tersebut di dalam wadah tertutup. Jika campuran terlihat terlalu encer, tambahkan jel lidah buaya. Campuran ini bisa dimasukkan ke dalam botol agar bisa bisa dibawa kemana-mana.

Kandungan dalam alkohol bisa membunuh bakteri dan virus lo, Millens! Selain itu, lidah buaya serta vitamin E bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Minyak esensial juga bersifat anti bakteri dan anti virus sehingga dianggap bisa mencegah datangnya penyakit.

Hand sanitizer (goodhousekeeping.com)
Hand sanitizer (goodhousekeeping.com)

Meskipun bisa memakai hand sanitizer, pakar kesehatan ternyata lebih merekomendasikan agar rutin mencuci tangan dengan sabun. Hal ini dianggap jauh lebih efektif untuk mencegah penularan virus corona.

Gimana Millens? mudah kan buatnya? (IB09/E06)