Biar Nggak Emosi, Ini Cara untuk Hindari Spoiler

Biar Nggak Emosi, Ini Cara untuk Hindari <em>Spoiler</em>
Ilustrasi warganet anti-spoiler. (Shutterstock)

Bagi pencinta film yang anti-spoiler, kehadiran bocoran adegan hingga akhir cerita film dari penonton lainnya memang nggak mengasyikkan. Daripada emosi, lebih baik hindari spoiler dengan cara-cara berikut.

Inibaru.id – Penayangan film-film terkenal seperti Avengers: Endgame atau Game of Thrones selalu ditunggu para penggemarnya. Namun, kehadiran para pembocor atau spoiler juga nggak bisa terelakkan saat film-film itu tayang. Nggak asyik banget dong kalau kamu belum sempat nonton tapi sudah dibocori adegan-adegan dalam film.

Daripada marah-marah, lebih baik kamu mengantisipasi kehadiran spoiler yang bakal mengganggumu. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gangguan para spoiler, kok.

Puasa Media Sosial

Ilustrasi pengguna media sosial. (Getty Images)

Cara yang paling ampuh tentu saja dengan rehat sejenak dari seluruh media sosial. Yap, media sosial merupakan tempat yang paling banyak digunakan orang untuk menyebarkan bocoran film. Hm, rasanya tentu berat karena media sosial seakan sudah menjadi hal yang wajib dikunjungi setiap harinya.

Nonaktifkan Kata Kunci

Contoh pengaplikasian fitur muted words di Twitter. (Comicbook)

Kalau kamu nggak tahan untuk nggak buka media sosial, kamu bisa menonaktifkan kata kunci yang berhubungan dengan film yang kamu hindari bocorannya. Fitur tersebut salah satunya dapat ditemukan di media sosial Twitter. Bukalah pengaturan di akun Twittermu, lalu klik fitur muted words. Masukkan kata-kata kunci yang pengin kamu hindari, misalnya Avengers Endgame dan Game of Thrones.

Unduh Spoiler Protection 2.0

Pengaplikasian Spoiler Protection 2.0. (Chrome)

Aplikasi ini bisa kamu pasang di Chrome dan Firefox, termasuk yang diunduh dalam ponselmu. Dengan aplikasi itu kamu bisa memblokir kata kunci tertentu yang pengin kamu hindari. Nggak hanya artikel, gambar dan video yang berkaitan dengan kata kunci itu juga otomatis terblokir seperti ditulis laman Theverge, Kamis (25/4/2019).

Unduh Unspoiler

Pengaplikasian Unspoiler. (Twitter/TotallyMoo)

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan Spoiler Protection 2.0 yaitu dengan memblokir hal-hal yang berhubungan dengan kata kunci yang sudah kamu masukkan. Aplikasi itu juga dapat dipasang di laman Chrome maupun Firefox. Oh iya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, lo.

Unduh Spoilers Blocker

Tampilan Spoilers Blocker di App Store. (Play Store)

Nggak hanya untuk laman pencarian di komputermu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi anti spoiler di ponselmu. Nama aplikasinya Spoilers Blocker. Aplikasi ini akan memblokir setiap elemen halaman yang memuat kata kunci spoiler dengan warna yang kontras. Unik kan?

Nggak semua orang merasa terganggu dengan kehadiran spoiler. Namun, jika kamu termasuk orang yang anti spoiler, cara-cara di atas bisa kamu terapkan tuh. Nah, nggak perlu emosi kan buat menutup mulut para pembocor itu? (IB10/E04)