Nggak Nyangka, Negara Tertua di Dunia Ini Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun!

Nggak Nyangka, Negara Tertua di Dunia Ini Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun!
Negara tertua di dunia tercatat sudah ada sejak 3100 SM. (Flickr/ cattan2011)

Meski banyak peninggalan bangunan tua ada di Eropa, ternyata negara tertua di dunia justru bukan dari sana. Lantas, negara mana yang paling tua di dunia, ya?

Inibaru.id – Kalau membahas soal negara tertua di dunia, yang terpikir biasanya adalah negara-negara di kawasan Eropa yang masih punya peninggalan bangunan-bangunan sejak ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Sayangnya, ternyata negara tertua di dunia bukan di Eropa, lo. Lantas, negara manakah yang menyandang status ini?

Nah, biar nggak bingung, yuk simak daftar negara tertua di dunia berikut ini.

1.       Mesir

Peninggalan bersejarah di Mesir sangat banyak. (Flickr/Mitch Altman)
Peninggalan bersejarah di Mesir sangat banyak. (Flickr/Mitch Altman)

Nggak nyangka, kan, Millens kalau negara tertua di dunia ternyata adalah Mesir? Tapi, kalau kita mencermati adanya peninggalan purbakala seperti piramida di sana, seharusnya bakal memakluminya, sih. Apalagi, sejarah mencatat nama Firaun dan Bangsa Mesir memang sudah ada sejak sebelum Masehi.

Kalau kita membahas soal peradaban Bangsa Mesir, ada yang menyebut Mesir Kuno bahkan sudah ada sejak 6000 SM. Para ahli meyakini kalau negara Mesir baru mulai terbentuk pada 3100 SM. Nah, peradaban negara ini sangatlah bergantung pada Sungai Nil.

Saat itu, pemimpinnya adalah Raja Menes. Ibu Kota negara ini adalah Memphis, lokasi yang kini ada di dekat Kairo, Ibu Kota Mesir modern. Nah, omong-omong soal Mesir modern, baru terbentuk pada 1953 usai revolusi yang dimulai setahun setelahnya, Millens.

2.       Yunani

Yunani, salah satu negara tertua di dunia. (Flickr/

Keith Parker)
Yunani, salah satu negara tertua di dunia. (Flickr/ Keith Parker)

Nggak hanya piramida di Mesir, bangunan-bangunan bersejarah dari zaman sebelum Masehi juga banyak ditemui di Yunani. Nah, kabarnya, perabadan modern Yunani sudah ada sejak 800 SM. Saat itu dikenal sebagai periode Archaic. Warga Yunani pun dianggap sudah cerdas dalam hal karya sastra, teknologi, hingga penerapan konsep tata negara seperti demokrasi.

Ada yang menyebut Yunani kuno ini menginspirasi munculnya negara-negara modern di Eropa lainnya. Wih!

3.       Jepang

Jepang sudah jadi negara sejak 660 SM. (Flickr/

Steffen Flor)
Jepang sudah jadi negara sejak 660 SM. (Flickr/ Steffen Flor)

Hingga sekarang, Jepang dikenal sebagai negara yang memegang teguh budayanya sendiri. Bahasa, budaya, hingga untuk hal-hal remeh seperti penggunaan nama-nama bagi warganya nggak ada duanya di seluruh dunia. Nah, omong-omong, Jepang dikenal sebagai negara sejak 660 SM lo.

Pada saat itu, yang memerintah adalah Kekaisaran Jimmu. Saking legendarisnya, Kaisar Jimmu bahkan dianggap sebagai keturunan langsung dari Dewa Matahari alias Amaterasu. Yang menarik, tanggal yang diyakini sebagai tanggal Kaisar Jimmu naik tahta, yakni 11 Februari sering dianggap sebagai hari terbentuknya Jepang.

4.       Iran

Iran dulu dikenal sebagai Persia dan sudah ada sejak 550 SM. (Flickr/

Jeyho Moon)
Iran dulu dikenal sebagai Persia dan sudah ada sejak 550 SM. (Flickr/ Jeyho Moon)

Iran modern yang kita kenal seperti sekarang ini memang baru terbentuk pada 1979 lalu, Millens. Namun, kalau kita membahas cikal bakal Iran alias yang dikenal sebagai Persia, sudah ada lo sejak 550 SM. Di saat itu, Persia ada di bawah Kekaisaran Achaemenid.

Menariknya, penyebutan Iran sebagai Persia atau orang-orang dari kawasan Iran sebagai orang-orang Persia masih bertahan hingga sekarang, Millens.

Hm, kalau kamu, paling tertarik berkunjung ke negara tertua di dunia, mana nih? (Hip/IB09/E05)