Nggak Nyangka! Ini 4 Manfaat Ajaib Baking Soda untuk Tanaman

Nggak Nyangka! Ini 4 Manfaat Ajaib Baking Soda untuk Tanaman
Ilustrasi baking soda. (Pixabay/DominicSchraudolf via Suara)

Selain digunakan untuk pengembang roti dan kue, baking soda dapat berguna untuk tanaman.

Inibaru.id - Baking soda atau sering disebut dengan soda kue adalah bahan serbaguna yang sering digunakan untuk pengembang kue dan roti.

Selain dapat digunakan sebagai bahan andalan untuk membuat kue atau masakan, baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih, dan penghilang bau. Salah satunya adalah untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Nah, jika kamu hobi berkebun, nggak ada salahnya menggunakan soda kue. Lalu apa aja sih manfaat baking soda untuk tanaman?

Membasmi Jamur

Baking soda dipercaya dapat menghilangkan jamur pada tanaman. Kamu dapat mencampurnya dengan air sabun untuk membantu mencegah infeksi jamur yang menyerang tanaman kesayangan kamu.

Caranya, campurkan air sabun dan soda ke dalam botol spray, lalu semprotkan secara langsung ke tanaman.

Meski campuran ini alami, jangan berlebihan ya.

Mengurangi Populasi Kutu Daun

Kutu daun yang sering mampir ke tanaman kita sangat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Kutu daun tersebut biasanya menyantap batang tanaman yang masih lembut, melumurinya dengan zat yang lengket dan manis untuk menarik perhatian semut. Akibatnya terdapat bercak-bercak jamur hitam pada permukaan tumbuhan.

Timbulnya jamur bakal berpengaruh pada proses fotosintesis. Tanaman yang nggak bisa "memasak" makanannya bakal rapuh. Maka dari itu, diperlukannya menyemprot tanaman dengan campuran air sabun dan soda kue agar tanaman selamat dari hama.

Mengusir Semut

Baking soda dapat mengusir semut pada tanaman. (Pixabay/Alexas_Fotos via Kompas)
Baking soda dapat mengusir semut pada tanaman. (Pixabay/Alexas_Fotos via Kompas)

Mengusir semut dengan soda kue juga dapat kamu lakukan lo! Caranya dengan menambahkan pupuk mineral lain yang dikombinasikan dengan soda kue. Ada dua jenis pupuk mineral yang wajib kamu coba, yaitu campuran Vicosa dan Bordeaux.

Perpaduan yang tepat dipercaya dapat mengusir semut dengan menghilangkan molase akibat ulah kutu daun sebelumnya.

Mengukur Kualitas Tanah

Tanah yang sehat adalah memiliki konsentrasi tanah dalam pH yang netral. Untuk itu dapat mencampurkan baking soda dengan bahan lainnya. Cara mengaplikasikannya, potong kubis merah atau ungu. Lalu rendam ke dalam air suling yang mendidih selama 10 menit. Saring cairan itu ke dalam 2 cangkir terpisah.

Pada gelas A, tambahkan cuka untuk menghasilkan warna merah tua. Sementara gelas B, tambahkan soda kue yang dapat mengubahnya jadi biru atau hijau. Warna tersebut berfungsi sebagai kontrol uji. Tuangkan 1-2 sendok tanah ke dalam kedua larutan itu dan tunggu 30 menit.

Jika air berubah jadi merah berarti tanah itu mengandung asam. Sebaliknya jika larutan menjadi warna biru atau hijau artinya basa. Jika tetap berwarna ungu berarti tanah sangat baik bagi tanaman. Teknik ini juga bisa diterapkan untuk mengukur kualitas kompos yang digunakan lo.

Nah, sekarang kamu sudah tau manfaat baking soda bagi tanaman kan? Bisa langsung kamu praktikkan pada tanaman kesayanganmu, Millens. Selamat mencoba! (Lip,Kom/MG43/E05)