Nggak Nyangka, di Jepang Ada Warteg, Lo

Nggak Nyangka, di Jepang Ada Warteg, Lo
Warteg Monggo Moro. (Ikidane Nippon)

Kata siapa warteg hanya bisa ditemukan di Indonesia. Nyatanya, kamu juga bisa menemukannya di Jepang. Nama wartegnya bahkan Indonesia banget, Monggo Moro. Orang Jepang pada suka nggak ya?

Inibaru.id - Warteg adalah salah satu tempat makan yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Hanya, kamu pernah terbayang nggak makan warteg di Jepang? Meski terlihat mengada-ada, hal ini beneran bisa kamu lakukan, lo. Di Jepang memang ada warteg!

Nama wartegnya adalah “Monggo Moro”. Warteg ini sudah berdiri sejak tahun 2019 di daerah Shin Okubo, Tokyo, Jepang. Warteg Monggo Moro sering dijadikan pelarian para warga negara Indonesia (WNI) di Jepang yang kangen dengan kelezatan makanan khas Nusantara.

Lokasi Monggo Moro tepat di pinggir Jalan Okubo-dori, nggak jauh dari Masjid Shin-Okubo. Warteg ini nggak sulit dicari karena bisa diakses dari tiga stasiun terdekat, yakni Shin-Okubo, Higashi Shinjuku, dan Okubo. Jam bukanya mulai pukul 11.00 sampai pukul 21.00 waktu setempat.

Nama Monggo Moro diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti “silakan datang”. Sang pemilik, Retno, sudah lama tinggal di Jepang dan menjalankan bisnis makanan Indonesia di Negeri Sakura. Retno memang dikenal sebagai tukang masak yang handal. Hanya, untuk menjalankan warteg ini, Retno dibantu oleh dua pegawai yang juga berasal dari Indonesia.

Masakan Monggo Moro. (Ikidane Nippon)<br>
Masakan Monggo Moro. (Ikidane Nippon)

Nah, karena ada di Jepang pula, soal kebersihan dan kualitas warteg ini nggak main-main menjaganya, Millens. Warteg ini juga menjamin kehalalan sajiannya.

Kalau dilirik dari luar ataupun saat sudah masuk ke dalamnya, tampilan Monggo Moro nggak berbeda jauh dengan warteg di Indonesia pada umumnya. Makanan disajikan di wadah-wadah yang berjejer yang bisa kita pilih sesuai selera. Layaknya makan di warteg biasanya, kamu juga bisa makan beberapa jenis lauk dalam satu piring.

Menu yang ditawarkan pun berganti setiap harinya agar pelanggan tak bosan. Menurut beberapa pelanggan yang bukan orang Indonesia, makanan di warteg ini cenderung pedas dan mantap!

Harga seporsi masakan di Monggo Moro tergantung pada lauk yang dipilih. Kisaran harganya mulai dari 1.000 hingga 1.300 Yen. Hanya, harga tersebut belum termasuk pajak.

Pelanggan memilih masakan. (DetikFood/IG- Edhozell)<br>
Pelanggan memilih masakan. (DetikFood/IG- Edhozell)

Beberapa menu andalan yang terdapat di warteg ini adalah gado-gado, mie goreng, kering tempe dan teri, sayur pare, ayam cabai hijau, ikan balado, tempe bacem, sup bening, mi soun, urap, dan masih banyak lainnya.

Uniknya, warteg ini juga menyediakan hidangan penutup berupa pisang goreng manis. Monggo Moro juga akan memberikan segelas kopi dan teh (es atau panas) secara gratis untuk setiap pengunjung yang memesan paket makan siang. Jadi semakin kerasa deh makan di wartegnya!

Jadi, kalau kamu mampir ke Jepang dan kangen masakan Indonesia, sudah tahu kan kemana harus datang, Millens? (Goo/IB28/E07)