Nggak Mirip Sepatu, Tapi Mengapa Bunga Ini Disebut Begitu?

Nggak Mirip Sepatu, Tapi Mengapa Bunga Ini Disebut Begitu?
Mengapa namanya bunga Sepatu, ya? (Flickr/ Thomas Liske)

Sering ditemukan di halaman atau kebun, bunga sepatu dikenal sangat indah. Tapi, pernah nggak terpikir mengapa namanya bunga sepatu? Padahal, bentuknya kan nggak ada mirip-miripnya dengan sepatu, ya?

Inibaru.id – Salah satu bunga yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah bunga sepatu. Nggak hanya di kebun, kamu bisa menemukannya di halaman-halaman rumah, sekolah, atau bangunan lainnya. Tapi, pernah nggak terpikir mengapa namanya bunga sepatu?

Logikanya, bentuk bunga ini mirip dengan bunga-bunga biasa dengan mahkota bunga yang lebar dan warna yang indah. Bentuknya pun sama sekali nggak mirip atau terkait dengan sepatu. Makin bikin bingung, ya?

Nah, usut punya usut, bukan masalah bentuknya yang membuat nama bunga ini jadi bunga sepatu. Ternyata, pada zaman dulu, bunga ini sering dipakai untuk menyemir sepatu sehingga jadi lebih bersih dan mengilap. Biar nggak ribet, akhirnya orang-orang pun terbiasa menyebutnya sebagai bunga sepatu.

Dikenal Sebagai Bunga Sempurna

Ada sebuah keunikan lain yang dimiliki oleh bunga sepatu. Bunga ini sering sekali dijadikan contoh penjelasan unsur bunga di pelajaran-pelajaran biologi di sekolah. Hal ini disebabkan oleh strukturnya yang masih lengkap dan sempurna. kelebihan ini cukup jarang dimiliki bunga lo.

Bunga sepatu dikenal sebagai bunga yang lengkap dan sempurna. (Flickr/

Lino M)
Bunga sepatu dikenal sebagai bunga yang lengkap dan sempurna. (Flickr/ Lino M)

Bunga sepatu memiliki alat kelamin bunga, yakni putik dan benang sari yang sempurna. Bagian perhiasan bunganya, yakni mahkota dan kelopaknya juga lengkap. Ukurannya juga cukup besar sehingga mudah untuk dijadikan contoh bagi para siswa.

Bunga Nasional Malaysia

Kalau di sini bunga sepatu dianggap sebagai bunga cantik yang menghiasi halaman, beda halnya di Negeri Jiran Malaysia. Di sana, bunga ini dikenal dengan nama Bunga Raya. Warga Malaysia sangat suka dengan keindahan bunga ini sehingga sejak 28 Juli 1960, ditetapkan jadi bunga nasional Malaysia. Wah, keren juga, ya?

Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Di balik keindahan bunga sepatu, ternyata ada manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh bunga ini. Sebagai contoh, telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengambil ekstrak bunga sepatu ini untuk dijadikan bahan kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C dan AHA yang baik bagi kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Nggak hanya bunganya, daun bunga sepatu juga bersifat antiseptik sehingga sering dijadikan campuran obat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid, saponin, kalsium oksalat, tannin, dan lain-lain di dalamnya.

Hm, unik juga ya si bunga sepatu ini, Milens? (Bob/IB09/E05)