BerandaHits
Sabtu, 26 Nov 2022 18:00

Nggak Minder Meski Merasa Tertinggal dari Orang Lain

Nggak Minder Meski Merasa Tertinggal dari Orang Lain

Nggak perlu rendah diri lantaran pencapaian kita nggak sama dengan teman-teman. Setiap orang mempunyai kapasitas masing-masing. (Dimhou/Pixabay)

Hidup bukanlah balapan mencapai garis finish. Sadarilah setiap orang mempunyai perjalanan hidup dan awal yang berbeda-beda.

Inibaru.id - Pernahkah kamu pada tengah malam nggak bisa tidur karena overthinking tentang pencapain diri? Seolah segala bentuk kegelisahan berlompat-lompatan menghampiri pikiranmu. Iya kan?

Salah satu sebab yang membuat kita gelisah biasanya adalah pencapaian orang lain yang nggak sama dengan diri sendiri. Hati secara nggak sadar jadi ciut melihat teman kita menapaki anak tangga lebih tinggi ketimbang kita.

Jika hal itu terjadi, pertama dan utama yang harus kita lakukan hendaknya menyadari bahwa hidup bukanlah sebuah perlombaan. Nggak perlu merasa kalah dan harus mengejar ketertinggalan. Nggak perlu juga gusar berlebihan dan terus menenggelamkan diri dalam rasa galau berkepanjangan.

Ada beberapa hal yang bisa kita terapkan supaya perasaan gelisah dan ketertinggalan mereda.

1. Akui Pencapaian Orang Lain

Pencapaian dalam bidang pendidikan adalah salah satu hal yang sering membuat kita merasa sedang berlomba dengan teman-teman.(Andrea1597/Pixabay)
Pencapaian dalam bidang pendidikan adalah salah satu hal yang sering membuat kita merasa sedang berlomba dengan teman-teman.(Andrea1597/Pixabay)

Alih-alih merasa iri atau cemburu dengan pencapaian teman, mending kita mengakui dan turut bahagia atas pencapaiannya. Cara ini senggaknya bisa membuat kita lebih bersemangat menjalani hidup. Ikut merayakan kebahagiaan orang lain bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan kita sendiri, lo.

2. Perjalanan Tiap Orang Berbeda

Nggak perlu terganggu dengan perjalanan hidup orang lain. Sadarilah setiap orang mempunyai tantangan dan keistimewaan sendiri. Mungkin kita merasa tertinggal dari teman karena titik awalnya memang berbeda.

3. Buat Rutinitas Sendiri

Untuk tetap fokus pada pencapaian, ada baiknya membuat daftar hal yang harus kita lakukan setiap harinya. (Volodymyr Hryshchenko/Unsplash)
Untuk tetap fokus pada pencapaian, ada baiknya membuat daftar hal yang harus kita lakukan setiap harinya. (Volodymyr Hryshchenko/Unsplash)

Boleh galau tapi nggak kelamaan. Ketimbang membuang waktu untuk terus gelisah, lebih baik membangun kebiasaan-kebiasaan baru. Kita sebaiknya fokus menyibukkan diri dengan melakukan hal yang produktif. Dengan sibuk melakukan kebiasaan-kebiasaan, rasa gundah dan gelisah perlahan enyah berganti dengan harapan dan semangat untuk menggapai keinginan kita.

4. Mengenal Diri Sendiri

Nggak perlu berkecil hati jika merasa belum bisa berada di titik tertentu sementara teman kita sudah mencapainya. Sadarilah kembali bahwa kita bukan orang yang sempurna. Yang kamu perlukan adalah mengenal diri sendiri dengan lebih baik lagi. Masih ada hari esok untuk memperbaiki kekurangan dan terus mengasah kelebihan untuk membuat pencapaian kita sendiri.

5. Berhenti Mencari Kesalahan

Menyalahkan diri sendiri justru akan membuat kita semakin terpuruk. (Andrew/Pexels)
Menyalahkan diri sendiri justru akan membuat kita semakin terpuruk. (Andrew/Pexels)

Salah satu yang sering bikin kita nggak bisa tidur adalah berpikir tentang siapa yang salah sehingga kita menjadi seperti ini. Saat merasa tertinggal dari orang lain, biasanya kita akan menyalahkan banyak hal, seperti keadaan, orang lain hingga diri sendiri. Ingat ya Millens, makin sering kita menyalahkan banyak hal, makin tersiksa diri kita. Untuk itu, berhentilah mencari kesalahan dan maafkan siapa pun atau apa pun.

Jika kamu berhasil melakukan kelima hal tadi, dijamin hidupmu akan berjalan lebih ringan. Dialog dini harimu nggak sekadar tentang keresahan dan kegelisahan tapi juga tentang rasa bersyukur dan tekad yang lebih besar lagi untuk terus berjuang untuk sampai pada titik yang menjadi targetmu. (Fim/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved