Nggak Menyakiti Hewan dalam Proses Uji Coba, Kosmetik dengan Label Ini Layak Dipilih

Nggak Menyakiti Hewan dalam Proses Uji Coba, Kosmetik dengan Label Ini Layak Dipilih
Kosmetik dengan label ini nggak menyakiti hewan. (Megapolitan Kompas)

Beberapa produk kosmetik memanfaatkan hewan dalam proses produksinya. Hal ini tentu menimbulkan pro-kontra di kalangan pecinta hewan. Jika Kamu penyayang hewan, kamu bisa menggunakan kosmetik dengan label no animal testing, vegan atau cruently free. Apa perbedaannya?

Inibaru.id –  Kosmetik memang hal yang tak lepas dari kebanyakan perempuan. Dalam proses pembuatannya, produsen produk kosmetik bakal melakukan serangkaian tes uji coba untuk menghasilkan produk yang baik dan maksimal. Pengujian ini juga bertujuan untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau nggak.

Salah satunya yang populer adalah tes yang diujikan kepada hewan-hewan atau biasa disebut animal testing. Akibatnya hewan yang dijadikan objek percobaan bakal mengalami cacat, sakit, bahkan mati. Hal ini tentu mengundang protes dari organisasi pecinta hewan.

Bagimu pecinta hewan, kamu bisa menghindari kosmetik dengan metode pengujian animal testing lo. Beberapa metode pengujian kosmetik yang ramah terhadap hewan diantaranya adalah no animal testing, vegan dan cruently free. Apa perbedaannya?

No Animal Testing

Label No Animal Testing. (quora.com)

Dilansir dari Saliha.id (4/6/2018), Label No Animal Testing artinya produk tersebut tidak melakukan proses uji coba kepada hewan. Namun, komposisinya masih menggunakan bahan baku hewani yang diambil dengan cara-cara yang dapat melukai hewan tersebut.

Vegan

Label Vegan. (generationcosmethique.com)

Label vegan merupakan produk kosmetik yang sama sekali nggak menggunakan hewan sebagai bahan baku dalam pengujiannya. Kosmetik dengan label vegan hanya mengambil ekstrak tumbuhan atau bahan baku kimia untuk membuat produknya. Jadi kosmetik dengan label ini dipastikan nggak melibatkan hewan sama sekali.

Cruently Free

Label Cruenlty Free. (lionstigersandbears.org)

Selain dua label di atas, ada juga label cruently free. Label ini berarti bahwa produk tersebut menggunakan hewan sebagai bahan dan proses pembuatannya. Namun prosesnya nggak membahayakan atau membunuh hewan kok. Produk hewani yang biasanya dipakai adalah susu atau madu.

Saat ini nggak susah lo mendapatkan produk dengan label di atas. Kalau kamu paling suka produk dengan label apa, Millens? (IB07/E06)