Nggak Melulu Soal Uang, Kartu Prakerja Bisa Berikan Manfaat-Manfaat Ini

Nggak Melulu Soal Uang, Kartu Prakerja Bisa Berikan Manfaat-Manfaat Ini
Kartu Prakerja (lokerbali)

Banyak orang yang hanya membicarakan tentang uang atau insentif yang ditawarkan Program Kartu Prakerja. Padahal, ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika mengikuti program ini. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Inibaru.id - Sejak Sabtu (11/4/2020), pendaftaran daring Kartu Prakerja dibuka. Program ini dibuka untuk warga negara yang berusia 18 tahun ke atas yang nggak sedang sekolah atau kuliah.

Selain fresh graduate, program ini juga bisa diikuti oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan. Bahkan, para buruh, karyawan, dan pegawai yang masih bekerja juga bisa mendaftar dan berkesempatan mendapatkan pelatihan.

Insentif Bulanan Kartu Prakerja

Denni Purbasari, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, menyampaikan bahwa setiap peserta nantinya akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000. Sejumlah uang ini akan disalurkan secara bertahap selama empat bulan.

Insentif tersebut terdiri atas bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 dan insentif pascapelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Selain itu para penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei. Suvei dilakukan sebanyak tiga kali.

“Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000," jelas Denni.

Insentif ini akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun Prakerja.

Manfaat Sebenarnya Kartu Pra Kerja: Tingkatkan Peluang Karier

Salah satu penyelenggara resmi pelatihan Kartu Prakerja, Platform Sekolahmu menawarkan sertifikasi keahlian bagi peserta Kartu Prakerja. Sertifikat ini dapat membuat penerimanya lebih diprioritaskan di dunia kerja sehingga peluang kariernya akan meningkat.

Pelatihan Kartu Prakerja diharapkan dapat meningkatkan keterampilan para tenaga kerja. (Pixabay)
Pelatihan Kartu Prakerja diharapkan dapat meningkatkan keterampilan para tenaga kerja. (Pixabay)

Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti sertifikasi dan pelatihan keahlian yang disediakan oleh Program Kartu Prakerja.

1. Efektivitas Kerja Meningkat

Karyawan yang terlatih dinilai lebih mampu menggunakan bahan dan peralatan kerja dengan baik dan ekonomis. selain itu, risiko kecelakaan dan kerusakan peralatan juga dapat dikurangi. Peningkatan keterampilan dan efektivitas kerja ini akan mengurangi biaya produksi.

2. Lebih Produktif

Pelatihan akan meningkatkan keterampilan karyawan dalam melakukan pekerjaan tertentu. Karyawan yang terlatih umumnya mampu menunjukkan produktivitas yang lebih besar. Hasil kerja juga lebih berkualitas sehingga akan menguntungkan perusahaan.

3. Memiliki Kualitas Standar Lebih Tinggi

Perusahaan membutuhkan karyawan yang telah terampil atau memiliki pengalaman pelatihan untuk bisa mencapai target. Mengikuti pelatihan yang disediakan Program Kartu Pra Kerja akan membuat seseorang mampu mengikuti tuntutan dan standar kinerja yang lebih tinggi.

4. Bisa Menurunkan Kebutuhan Pengawasan

Karyawan yang terampil akan mengurangi kebutuhan perusahaan dalam mengawasi kinerjanya. Perusahaan pun dapat menghemat energi dan menyalurkannya pada kebutuhan yang lebih diperlukan.

5. Lebih Terampil

Sertifikasi pelatihan dapat mempersingkat proses seleksi karyawan baru bagi perusahaan yang sedang kesulitan mencari karyawan dengan keterampilan baru.

6. Moral yang Lebih Baik

Moral karyawan dianggap lebih baik setelah mengikuti pelatihan yang tepat. Program pelatihan yang baik akan membentuk sikap karyawan yang memiliki kemampuan bekerja sama dengan baik dan loyalitas tinggi.

7. Menggunakan Keterampilan Secara Sistematis

Program pelatihan dapat mempersingkat waktu belajar karyawan. Mereka nggak perlu lagi coba-coba atau mengamati orang lain mengingat proses ini cukup  membuang waktu perusahaan untuk berkembang.

Ternyata sertifikasi pelatihan dari lembaga tepercaya dapat meningkatkan nilai calon karyawan di mata perusahaan ya, Millens. Omong-omong, kamu sudah daftar program Kartu Prakerja belum, nih? (Kom/MG27/E07)