Nggak Melulu Ngenes, Ini Keuntungan Menjadi Penyendiri

Nggak Melulu <em>Ngenes</em>, Ini Keuntungan Menjadi Penyendiri
Menjadi penyendiri memiliki banyak keuntungan. (Unsplash/Anthony Tran)

Dalam beberapa momen, seorang penyendiri mungkin dianggap menyedihkan. Tapi tanpa disadari ada banyak hal positif yang dimiliki seorang penyendiri.

Inibaru.id - Orang dengan kepribadian soliter (penyendiri) biasa menjalani kehidupan dengan minim kontak dengan orang lain. Seringnya orang menganggap tipe ini sebagai seorang yang egois dan dingin. Tapi tenang, ada banyak hal positif kok dari seorang penyendiri sekali pun. Apa saja?

Mandiri

Namanya juga soliter, pasti lebih nyaman mengerjakan semuanya sendiri. Karena sifat itulah sifat mandirinya teruji. Eits, bukan berarti mereka nggak mau minta tolong orang lain ya. Tapi kalau bisa dikerjakan sendiri ya nggak perlu minta tolong.

Lebih Banyak Me Time

Dari sifatnya yang nggak ingin menggantungkan orang lain, orang penyendiri cenderung bisa lebih meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Waktu tersebut bisa digunakan untuk lebih produktif, refleksi diri, maupun bersenang-senang.

Selalu Bersyukur

Orang penyendiri akan merasa cukup atas apa yang telah dimilikinya. Selain itu mereka akan menjadi orang yang selalu optimis dan nggak gampang menyerah. Hal-hal kecil yang hadir di sekitarnya juga akan lebih dihargai.

Biasa Berjuang Sendiri

Asam garam kehidupan akan dirasakan sendiri oleh seorang penyendiri. Bahkan ketika gagal lalu bangkit lagi juga dijalaninya sendiri. Hal tersebut membuat mereka sudah terbiasa berjuang sendiri tanpa bantuan orang lain.

Teman Terbaik Adalah Diri Sendiri

Sifat yang mandiri dan sebisa mungkin nggak menggantungkan orang lain membuat mereka cuma sedikit memiliki teman. Bahkan bisa jarang sekali berteman. Karena itu, diri sendiri adalah teman terbaik dalam keadaan apa pun.

Sendiri Membuat Bahagia dan Tegar

Meski banyak orang yang cenderung murung atau bahkan sedih ketika sendirian, namun nggak dengan orang soliter. Sebaliknya, mereka malah bahagia akan hal itu.

Mencintai Diri Sendiri

Hal yang paling penting dari seorang penyendiri adalah mencintai diri sendiri. Nggak merasa kurang atas kelemahan maupun kelebihan diri sendiri.

Gimana, Millens? Jadi penyendiri nggak selamanya menyedihkan bukan? (IB28/E05)