Nggak Melulu Karena Rindu, Ini lo Sebab Dia Muncul di Mimpimu

Nggak Melulu Karena Rindu, Ini lo Sebab Dia Muncul di Mimpimu
Memimpikan seseorang nggak selalu bermakna rindu. (Freepik via Kumparan)

Orang kerap beranggapan kalau seseorang muncul di mimpi berarti kita sedang merindukannya. Ternyata hal ini nggak sepenuhnya benar. Kita bisa saja bermimpi seseorang yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Inibaru.id - Saat bangun tidur, kamu mungkin pernah terdiam sejenak untuk mengingat mimpi yang baru saja muncul. Apalagi jika sosok tersebut nggak cuma sekali dua kali masuk dalam mimpimu.

Mungkin banyak yang bakal mengartikan bahwa kamu mungkin sedang merindukan orang tersebut. Namun bagaimana jika nggak? Mengingat mimpi kerap muncul dengan nggak menentu dan nggak begitu jelas.

"Anda memang bisa masuk ke dalam mimpi seseorang meskipun Anda belum melihat atau bahkan berbicara dengannya selama bertahun-tahun, begitupun sebaliknya," ujar psikoterapis klinis, dr LeslieBeth Wish dikutip Elite Daily, Kamis (24/3/2022).

Hal ini juga bisa saja terjadi kalau kamu nggak pernah ketemu dengan sosok tersebut sebelumnya. Menurut Leslie, mimpi ini juga bisa dipicu dari apa yang kamu tonton atau baca.

"Misalnya Anda menemukan sebuah karakter dari buku atau film yang membuat Anda sempat memikirkannya, kemungkinan besar bisa muncul juga dalam mimpi," kata Leslie.

Dengan begitu, bisa dibilang bahwa figur-figur yang muncul dalam mimpi seseorang nggak melulu berkaitan dengan kerinduan.

Eits, ada lagi nih sebab seseorang bisa muncul dalam mimpi. Kalau menurut editor eksekutif Mattress Advisor, Alesandra Woolley, munculnya seseorang dalam mimpi juga dapat dikarenakan oleh keterlibatan orang tersebut dalam hidup kamu.

Eh, terlibat ini nggak selalu bermakna dekat ya. "Bahkan jika hanya seseorang hanya membuat kesan kecil dalam hidup Anda, atau ada suatu hal yang memicu minat Anda pada orang tersebut, mereka juga bisa muncul dalam mimpi," ujar Alesandra.

Ketika kamu terkesan dengan seseorang seperti artis, bisa saja kamu bakal memimpikannya. (Instagram/@actorleeminho via Liputan6)
Ketika kamu terkesan dengan seseorang seperti artis, bisa saja kamu bakal memimpikannya. (Instagram/@actorleeminho via Liputan6)

Pengalaman Emosional

Mimpi juga dianggap sebagai sesuatu yang bersifat pribadi. Itu artinya, setiap orang bisa memimpikan sesuatu yang berbeda-beda dari orang lain. Sebabnya, mimpi erat kaitannya dengan pengalaman emosional yang dimiliki seseorang. 

"Saat seseorang yang Anda cintai muncul dalam mimpi, seperti pasangan, atau siapapun yang pernah memiliki perasaan kuat dengan Anda dan memiliki pengalaman emosional, maka itu juga bisa muncul," kata Leslie.

Begitupun saat kamu memimpikan mantan, penulis buku How to Catch A Dream, Theresa Cheung mengungkapkan bahwa nggak perlu heran kalau mantan bisa muncul di mimpi.

"Memimpikan mantan tidak selalu berarti Anda ingin kembali bersama. Itu terjadi karena ada pelajaran atau hal dari hubungan masa lalu yang Anda ingat," ujar Theresa.

Jadi, kamu paling sering mimpiin siapa nih, Millens? (Lip/IB21/E07)