Nggak Mau Dilaporkan Polisi? Begini Cara Aman Menagih Utang!

Nggak Mau Dilaporkan Polisi? Begini Cara Aman Menagih Utang!
Ilustrasi: Dalam menagih utang, kamu harus punya rencana! (Getty Images/Klaus Vedfelt)

Belakangan ini, ada penagih utang yang justru dilaporkan ke polisi. Agar kamu nggak mengalami nasib serupa, pastikan simak tips-tips menagih utang ini, ya!

Inibaru.id – Belakangan ini kamu pasti pernah mendengar berita tentang seorang perempuan yang menagih utang lewat media sosial dan justru dilaporkan ke polisi. Dia bahkan terancam hukuman penjara karena dianggap melanggar UU ITE.

Yap, di Indonesia, orang yang ditagih memang nggak jarang justru lebih galak daripada yang menagih. Kasus ini tentu bikin kamu semakin pusing kalau mau menagih utang, kan, Millens?

Nggak perlu khawatir berlebihan! Ada cara kok agar kamu bisa menagih utang tanpa khawatir bakal dilaporkan ke polisi. Yuk simak cara-cara berikut ini.

Jangan Lewat Media Sosial

Ilustrasi: Menagih utang secara langsung. (Flickr/Linzi)<br>
Ilustrasi: Menagih utang secara langsung. (Flickr/Linzi)

Kasus menagih utang Bu Kombes yang berujung tuntutan penjara bisa kamu jadikan pelajaran. Jangan menagihnya lewat media sosial! Lebih baik kamu hubungi langsung orangnya daripada memviralkannya di media sosial. Salah-salah kamu malah kena UU ITE. Bisa bikin ribet, kan?

Kalau kamu memang sudah kesulitan menghubungi teman yang punya utang sama kamu, apalagi sampai nomormu diblok, lebih baik datangi langsung deh daripada saling sindir atau menagihnya di media sosial.

Kalau Ketemu, Cobalah Untuk Mengeluh Soal Masalah Keuangan

Ilustrasi: menagih utang. (Flickr/giuseppemilo)
Ilustrasi: menagih utang. (Flickr/giuseppemilo)

Kalau ketemu orang atau teman yang punya utang sama kamu, coba deh membuka percakapan yang isinya adalah keluhan kamu soal masalah keuangan.

Logikanya, kalau mereka masih punya utang sama kamu, pasti akan nggak enak dan akhirnya berusaha mengembalikan uang agar kamu nggak lagi mengalami masalah keuangan. Yeah, tapi beda kasus kalau dia memang nggak pengin bayar utang! Ha-ha.

Sindir Saja saat Gajian

Ilustrasi: Menagih utang. (Flickr/ Chris Hills)<br>
Ilustrasi: Menagih utang. (Flickr/ Chris Hills)

Kalau teman kamu punya utang, coba deh temui atau hubungi dia saat tanggal muda. Eits, pastikan dulu tanggal muda alias waktu gajian teman kamu kapan. Kan lucu juga kalau kamu menghubunginya pada akhir bulan, ternyata gajiannya awal bulan. Bisa jadi trik menagih kamu jadi sia-sia, deh!

Kalau kamu sudah menemuinya saat tanggal muda. Sindir saja secara halus seperti dengan kata-kata “Wah, duit lagi banyak, nih.” Hal ini bisa membuat teman kamu terpikir untuk mengembalikan utang, bukannya kembali menghabiskan uang untuk senang-senang.

Gantian Pinjam Uang

Ilustrasi: Menagih utang. (Flickr/

Björn Láczay)
Ilustrasi: Menagih utang. (Flickr/ Björn Láczay)

Kalau kamu masih ragu untuk menagih utang secara langsung, coba deh gantian meminjam uang. Harusnya, dia sadar diri kalau kamu juga mengalami masalah keuangan, lalu dia akan berusaha untuk mengembalikannya.

Menagih utang memang bisa bikin hubungan teman atau saudara jadi bermasalah. Namun, kalau memang butuh, mau nggak mau memang sebaiknya kamu menagihnya. Semoga uang kamu cepat kembali, ya Millens! (Hip/IB09/E03)