Nggak Lolos SBMPTN? Jangan Berkecil Hati, Ini 5 Alternatif yang Bisa Dilakukan

Nggak Lolos SBMPTN? Jangan Berkecil Hati, Ini 5 Alternatif yang Bisa Dilakukan
Ilustrasi ujian. (Thinkstock)

Nggak perlu berkubang dalam kesedihan bila kamu nggak lolos SBMPTN. Bangkit dan kumpulkan semangatmu untuk lakukan hal baru. Yuk, coba lima hal ini!

Inibaru.id – Hasil Seleksi Bersama Msuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru saja diumumkan. Bagi kamu yang lolos dan diterima di PTN idaman, selamat ya! Bagi sobat Millens yang belum lolos, nggak perlu berkecil hati. Sedih itu wajar kok, tapi jangan berlarut-larut apalagi menyalahkan diri sendiri.

Nggak lolos SBMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada banyak hal yang bisa kamu tempuh untuk menggapai cita-cita dan merakit masa depanmu.

Mengikuti Ujian Mandiri

Ilustrasi ujian mandiri. (Thinkstock)

Jika kamu nggak lolos SBMPTN tapi masih bersikukuh tetap ingin kuliah di PTN yang kamu inginkan, cobalah mengikuti seleksi mandiri di perguruan tinggi tersebut. Perlu diperhatikan, jadwal dan syarat pendaftaran di setiap perguruan tinggi berbeda-beda, Millens.

Beberapa PTN melaksanakan ujian mandiri sebelum SBMPTN dan ada yang setelahnya. Beberapa juga memerlukan nilai dari SBMPTN.

Bila lolos, kamu mesti membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal). Ada pula yang diharuskan membayar uang pangkal dengan nominal berbeda-beda bergantung dengan prodi (program pendidikan) yang kamu pilih.

Mendaftar PTS (Perguruan Tinggi Swasta)

Telkom University. (Telkomuniversity)

Baik kuliah di PTN maupun PTS itu sebenarnya bukan masalah besar. Perguruan tinggi nggak menjamin kesuksesan karena kamu sendiri yang akan menentukan masa depanmu. Sekarang ini, banyak kok PTS yang kualitas pendidikannya nggak kalah dengan PTN.

Untuk biaya, PTS memang sedikit lebih mahal dibanding PTN. Namun, saat ini sudah banyak PTS yang menyediakan jalur beasiswa untuk para mahasiswanya. Jadi kamu yang memiliki masalah finansial nggak perlu khawatir, Millens.

Mendaftar Diploma 3 atau Sekolah Vokasi

Sekolah vokasi UGM. (sv.ugm)

Selain kuliah S1, kamu juga bisa mendaftar kuliah D3  dan Sekolah Vokasi. Kamu akan mendapat lebih banyak pengalaman kerja bila berkuliah di strata D3. Cocok banget nih untuk kamu yang suka praktik daripada terlalu banyak teori.

Gap Year

Ilustrasi belajar. (Shutterstock)

Gap Year adalah istirahat, cuti, atau libur setahun menunggu untuk mempersiapkan kuliah di tahun selanjutnya. Nah, selama setahun ini kamu bisa mengikuti kursus atau bimbingan belajar untuk mempersiapkan SBMPTN tahun depan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi UTBK. Skor yang kamu dapatkan pun akan lebih baik.

Bekerja Sambil Belajar

Ilustrasi bekerja sambil belajar. (Esocialpedia)

Dengan kemampuan, hobi, serta minat yang kamu miliki, kamu bisa menunggu SBMPTN tahun selanjutnya dengan bekerja lo, Millens. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa menabung untuk keperluan kuliahmu nanti.

Kamu bisa bekerja lepas sebagai content writer, profile photographer, admin sosmed, maupun driver ojek daring (ojol). Sambil bekerja, kamu juga tetap bisa belajar untuk mempersiapkan SBMPTN.

So, jangan terus-terusan kecewa dan bersedih ya. Selalu ingat jika semua kejadian pasti ada hikmahnya. Jadikan kegagalanmu kali ini sebagai batu loncatan yang membawamu menuju kesuksesan. Semangat! (IB18/E04)