Nggak Harus Bayar Buat Ngehancurin Barang, Ada Lo Cara Self-Healing Gratis

Nggak Harus Bayar Buat Ngehancurin Barang, Ada Lo Cara Self-Healing Gratis
Self-healing dengan membayar ruangan untuk menghancurkan barang. Ternyata ada yang gratis. (YouTube/Gritte Agatha)

Di media sosial, sedang ramai Break Room alias ruangan yang bisa kamu sewa untuk meluapkan emosi. Padahal, sebenarnya ada lo cara self-healing gratis buat kamu. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Nggak hanya kesehatan fisik, kini banyak orang yang juga memperhatikan kesehatan mental. Nah, biar nggak sampai jadi penyakit psikis, banyak orang yang mencari self-healing. Untungnya sih ya, sebenarnya ada banyak cara self-healing gratis, Millens.

Soal self-healing ini, awalnya viral gara-gara ada akun di media sosial yang menawarkan tempat self-healing, sebenarnya sih lebih mirip ke tempat melampiaskan emosi, di Ibu Kota. Istilah dari tempat ini adalah break room. Jadi, kamu bisa menghancurkan sejumlah benda di sini dengan tarif Rp 100 ribu selama 20 menit.

Meski sebentar, ada yang menyebut cara ini bisa membuatmu bisa melepaskan emosi negatif dan akhirnya membuat jiwamu jadi lebih lega. Kamu juga bakal diberi pengaman seperti helm atau kaca mata sehingga nggak mudah terluka, deh.

Nah, tempat self-healing berbayar ini pun memicu kontroversi. Ada yang menyebut hal ini sebenarnya nggak cocok untuk dijadikan tempat self-healing dan justru buruk bagi kesehatan mental. Ada pula yang menyebut ada sejumlah cara untuk self-healing tanpa harus membayar.

Kalau soal cara self-healing gratis, sebenarnya kita juga punya lo daftarnya. Yuk, simak.

Pergilah ke Pantai atau Menikmati Pemandangan Alam Lainnya

Pemandangan alam bisa membuat kesehatan mental membaik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pemandangan alam bisa membuat kesehatan mental membaik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pernah nggak kamu mendengar istilah orang-orang yang stres bisa jadi karena kurang piknik? Eh, ini beneran, lo. Kalau di tempatmu dekat dengan pantai, apalagi ada pantai yang gratis dan bagus, datang deh ke sana. Nggak ngapa-ngapain di sana, cuma duduk, santai, sembari menikmati suara deburan ombak dan angin laut yang terasa lengket bisa membuatmu tenang. Self-healing banget deh.

Kalaupun harus berbayar dan nggak mahal, nggak ada salahnya dicoba kok. Apalagi jika pantainya indah, tenang, nggak ramai, dan menawarkan pemandangan matahari terbit atau sunset indah.

Selain pantai, pemandangan alam lain seperti sawah, pegunungan, atau bahkan jalan-jalan di area hutan juga nggak ada salahnya dilakukan, lo. Bakal bagus buat kesehatan mentalmu, pokoknya.

Mencuci Piring

Cuci piring bisa jadi self-healing. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Cuci piring bisa jadi self-healing. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menurut para peneliti dari Florida State University, mencuci piring bisa membuatmu menurunkan stres dengan signifikan. Gerakan mencuci yang berulang ternyata bisa mengalihkan pikiranmu dari berbagai beban. Selain itu, saat kamu menemukan seluruh cucian seperti gelas, piring, dan lain-lain bersih, ada rasa lega yang bisa kamu dapatkan.

Jemur Kasur, deh!

Jemur kasur dan memukulnya bisa jadi self-healing. (Boombastis)
Jemur kasur dan memukulnya bisa jadi self-healing. (Boombastis)

Bukan soal menjemur kasurnya yang membuatmu jadi lebih tenang, meskipun nantinya kamu bakal merasa enak saat tidur di kasur yang baru dijemur. Nah, kalau kamu butuh pelampiasan emosi gratis, bisa kok memukul kasur dengan pemukul rotan itu. Lakukan sampai debu-debu di kasur yang dijemur ini hilang, ya. Beneran gratis!

Nangis dan Dipeluk Orang Terdekat

Nangis sembari dipeluk orang terdekat bisa jadi self healing. (Flickr/ Albert Dobrin)
Nangis sembari dipeluk orang terdekat bisa jadi self healing. (Flickr/ Albert Dobrin)

Kalau beban pikiranmu cukup berat, nggak usah ragu menangis, baik itu menangis sendiri atau sembari bercerita dengan orang-orang terdekat. Kalau kamu ada pasangan, anggota keluarga, atau bahkan teman, jangan ragu untuk minta dipeluk ya.

Jangan mikir aneh-aneh dulu. Pelukan bisa memperbaiki mood-mu, lo, Millens. Apalagi jika dilakukan dengan orang yang dipercaya. Kamu juga bisa membuat hubungan dengan orang terdekatmu semakin baik deh.

Kalau kamu, lebih suka melakukan self-healing gratis yang mana, nih, Millens? (Hip/IB09/E05)