Nggak Hanya Setnov, Sederet Napi Ini Sempat Kedapatan Keluyuran ke Luar Lapas

Nggak Hanya Setnov, Sederet Napi Ini Sempat Kedapatan Keluyuran ke Luar Lapas
Setya Novanto terpergok keluyuran di luar Lapas Sukamiskin, Bandung. (Tempo)

Mendekam di lembaga permasyarakatan (lapas) nyatanya nggak membatasi para narapidana ini untuk keluyuran ke luar. Berikut sejumlah napi yang ketahuan keluyuran di luar Lapas.

Inibaru.id – Terpidana kasus korupsi megaproyek KTP elektronik Setya Novanto (Setnov) baru-baru ini terciduk keluyuran ke luar Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung. Kali ini, Setnov terlihat berada di toko bangunan di Kota Baru, Padalarang bersama wanita yang diduga istrinya pada Jumat (14/7/2019).

Mengetahui hal tersebut, pihak berwajib kemudian mengambil tindakan dengan memindahkannya ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Eits, nggak cuma Setnov yang pernah kepergok keluyuran ke luar lapas, Millens. Sederet narapidana ini juga pernah melakukan hal yang sama.

Mochtar Mohammad

mochtar mohammad from okezone.jpg

Mochtar Mohammad. (Okezone)

Terpidana kasus korupsi Mochtar Mohammad pernah tertangkap kamera berada di salah satu restoran di kawasan Jakarta Selatan. Mochtar kedapatan sedang makan malam di restoran bersama koleganya pada Oktober 2014 silam.

Gayus Halomoan Tambunan

gayus tambunan from liputan6.jpg

Gayus Tambunan. (Liputan6)

Selain Mochtar, Gayus juga kerap terpergok kamera saat sedang keluyuran di luar Lapas Sukamiskin. Menurut laman Sindonews Sabtu (15/6), Gayus pernah kedapatan sedang berada di restoran di kawasan Jakarta Selatan bersama dua temannya pada 2015 lalu. Dia juga pernah tertangkap kamera saat sedang menonton pertandingan tenis di Bali sebelum akhirnya dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur pada akhir 2016. Saking seringnya terpergok keluyuran di luar lapas, Gayus dibuatkan lagu, lo.

Muhammad Nazaruddin

muhammad nazaruddin from merdeka.jpg

Muhammad Nazaruddin. (Merdeka)

Nazaruddin yang pernah menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat itu dilaporkan sering keluar lapas pada 2015. Menurut laporan anak buahnya, Yulianis, Nazaruddin sering keluar lapas untuk memimpin rapat.

Rachmat Yassin

rachmat yassin from kompas.jpg

Rachmat Yassin. (Kompas)

Mantan Walikota Bogor Rachmat Yassin diketahui pernah pelesiran menginap di sebuah rumah di Panorama Alam Parahyangan, Bandung, saat dirinya masih berstatus tahanan Lapas Sukamiskin. Terpidana penerima dana suap ini terpergok melakukan itu pada 2016.

Romi Herton

romi herton from tribunnews.jpg

Romi Herton. (Tribunnews)

Mantan Wali Kota Palembang ini diberitakan pernah dua kali pulang kampung tanpa pengawalan selama ditahan di Lapas Sukamiskin. Aksi tersebut dilakukan Romi pada November dan Desember 2016. Sama seperti yang lain, dia pun akhirnya dipindah ke Lapas Gunung Sindur pada Februari 2017.

Anggoro Widjojo

Anggoro Widjojo from kompas.jpg

Anggoro Widjojo. (Kompas)

Terpidana kasus korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) Anggoro Widjojo juga sering keluar masuk lapas Sukamiskin sepanjang Desember 2016. Anggoro diduga menyalahgunakan izin berobat yang diberikan pihak lapas. Dia pernah terpergok pelesir ke Apartemen Gateway, Bandung.

Tubagus Chaeri Wardana (Wawan)

Tubagus Chaeri Wardana  from antara.jpg

Tubagus Chaeri Wardana. (Antaranews)

Selain Anggoro, Wawan juga sering menyalahgunakan izin berobat. Suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmawati Diany itu diketahui sering menggunakan izin berobat untuk bertemu keluarga bahkan hingga menginap di hotel bersama wanita pada 2018.

Waduh, nggak menyesali perbuatannya malah pelesiran ke mana-mana. Semoga pemindahan mereka ke lapas lain bisa memberikan efek jera ya, Millens. (IB18/E04)