Nggak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Menggunakan Rupiah Juga, lo!

Nggak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Menggunakan Rupiah Juga, lo!
Rupiah dianggap berlaku di sejumlah negara. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Rupiah, mata uang negeri ini, rupanya nggak hanya berlaku di Indonesia. Di beberapa negara, kamu bisa kok berbelanja dengan uang yang mulai dipakai pada 2 November 1949 itu.

Inibaru.id – Rupiah selama ini cukup diremehkan dunia lantaran mata uang itu cukup inferior dibanding mata uang lain, misalnya dengan Dolar AS atau Paun Inggris. Namun, bukan berarti nggak ada negara lain yang mau memakai mata uang yang resmi kita pakai sejak 2 November 1949 tersebut.

Selain mata uang resmi mereka, sejumlah negara di Indonesia memang menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran sehari-hari. Di mana saja, ya?

1. Arab Saudi

Pasar di Arab Saudi. (Twitter/RadioElshinta)
Pasar di Arab Saudi. (Twitter/RadioElshinta)

Banyak orang Indonesia yang kaget saat tahu kalau Rupiah juga masih bisa dipakai di Arab Saudi. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, salah satunya karena orang Indonesia termasuk yang paling banyak menjadi jemaah haji di sana.

Untuk alasan kemudahan, para pedagang di Arab pun kemudian menerima pembelian barang dengan mata uang negeri kita. Selain itu, untuk alasan yang sama, nggak sedikit pedagang di Arab yang bisa berbahasa Indonesia.

2. Thailand

Pasar di Thailand. (Twitter/kasyan03)
Pasar di Thailand. (Twitter/kasyan03)

Memang, nggak semua wilayah di Thailand mau menerima Rupiah sebagai alat pembayaran. Namun, kalau kamu ke tempat wisata yang umum dikunjungi orang Indonesia, mata uang kita bisa dipakai, kok. Jadi, kamu nggak perlu menukar uangmu menjadi Baht kalau cuma mau liburan di sana.

3. Timor Leste

Pasar di Timor Leste. (Twitter/KemensetnegRI)
Pasar di Timor Leste. (Twitter/KemensetnegRI)

Selain Belanda, mungkin Timor Leste adalah negara dengan sejarah paling erat dengan Indonesia. Meski sudah resmi bercerai dengan Indonesia dua dekade lalu, banyak orang Timor Leste yang masih fasih berbahasa Indonesia, termasuk menjadikan Rupiah sebagai alat jual-beli.

Yap, di negara yang dipimpin Francisco Guterres itu, Rupiah memang dipakai mereka, bersanding dengan Dolar AS juga merupakan mata uang resmi di sana.

4. Malaysia

Pasar di Sebatik, perbatasan dengan Malaysia. (Twitter/ForumMaritim)
Pasar di Sebatik, perbatasan dengan Malaysia. (Twitter/ForumMaritim)

Kalau kamu ke Kuala Lumpur atau kota-kota besar lainnya di Malaysia, tentu Rupiah nggak akan berlaku. Namun, kalau kamu berada di wilayah yang berbatasan dengan Indonesia, misalnya di Pulau Sebatik, mata uang kita bisa dipakai.

Alih-alih berbelanja ke kota, warga di perbatasan memang kerap memilih membeli barang di toko-toko yang ada di Malaysia. Nah, sebagai alat transaksinya, mereka tetap menggunakan Rupiah.

5. Papua Nugini

Pasar di perbatasan Papua Nugini. (Twitter/Info_Jayapura)
Pasar di perbatasan Papua Nugini. (Twitter/Info_Jayapura)

Papua Nugini berlokasi di sebelah timur Provinsi Papua, Indonesia. Di negara tersebut, kasusnya mungkin agak mirip dengan Malaysia. Kamu bisa bertransaksi menggunakan Rupiah di negara yang beribukota di Port Moresby ini.

Kamu bahkan bisa bertransaksi menggunakan Rupiah di mana saja di Papua Nugini karena sudah mendapatkan lampu hijau dari bank sentral di kedua negara. Ini berarti, kamu juga bisa bertransaksi menggunakan Kina, mata uang Papua Nugini, di Indonesia, khususnya di Papua.

Wah, wah, Rupiah ternyata nggak selemah yang kita kira, ya Millens! (Boo/IB09/E03)