Nggak Cuma Kurang Tidur, Ternyata 5 Hal Ini Juga Buat Kamu Ngantuk Seharian

Siapa yang sering ngantuk? Padahal waktu tidur sudah cukup dan kamu pun nggak berkegiatan berat yang bikin capek. Nah, daripada bingung, mending langsung aja skuyyyyy simak penjelasan soal lima hal yang bikin kamu sering ngantuk!

Nggak Cuma Kurang Tidur, Ternyata 5 Hal Ini Juga Buat Kamu Ngantuk Seharian
Sudah tidur lama kok ngantuk terus, sih? Kenapa, ya? (Shutterstock)

Inibaru.id – Ngantuk ketika berkegiatan pasti sangat mengganggu ya. Kamu cuma pengin tidur dan tidur padahal pekerjaan harus segera selesai. Kalau dipikir-pikir kamu sudah tidur gasik tapi masih saja mengantuk. Ternyata ada faktor lain yang menyebabkan seseorang mengantuk sepanjang hari, lo.

1. Dehidrasi Bisa Membuat Orang Mengantuk

Yap, kekurangan cairan adalah faktor yang bisa meningkatkan rasa kantukmu! Nah, ngomongin soal dehidrasi, kebanyakan orang akan berpikir bahwa hal tersebut bisa terjadi karena kamu banyak bergerak atau setelah beraktivitas berat. Padahal, duduk nyaman di ruang ber-AC pun bisa bikin kamu dehidrasi, lo! Soalnya, saking nyamannya duduk dan enaknya suasana bisa menjadikanmu lupa minum.

2. Kebanyakan Mager

Memang sih, mager-mageran di kasur sambil main medsos itu enak banget. Tapi, kamu harus tahu, kurang gerak justru bisa membuatmu ngantuk sepanjang hari. Bukan karena daya pikat kasur lo ini! Namun, kurang gerak bisa menjadikan sirkulasi darah kurang lancar dan itu memengaruhi peningkatan kantukmu. He-he.

3. Kurang Darah

Jadi, kalau kamu kekurangan darah atau mengidap anemia, kamu akan menjadi lemas dan tentunya mudah ngantuk. Hm, biar nggak jadi penyakit dan kamu nggak gampang ngantuk, alangkah baiknya jika kamu selalu cek tensi darahmu secara berkala.

4. Depresi

Siapa yang merasa under pressure karena tugas kuliah atau pekerjaan yang nggak kunjung kelar? Atau, siapa yang lagi stres karena banyak beban hidup yang kian menumpuk? Nah, kalau kamu nggak nyenyak tidur karena merasa depresi, bisa jadi itu yang membuatmu ngantuk juga sepanjang hari.

5. Mengidap Penyakit Tertentu

Yap, jadi ada beberapa penyakit yang memang memberi pengaruh terhadap kualitas tidurmu. Seperti penyakit narkolepsi yang merupakan kelainan pada seseorang yang nggak bisa menahan tidur di waktu normal. Ada juga parasomnia, yakni anomali ketika tidur dan beberapa penyakit yang lain.

So, sekarang udah paham kan, Millens? Jadi, jangan bingung kalau kamu masih sering ngantuk padahal waktu tidurmu sudah cukup. He-he. (IB23/E05)