Nggak Boleh Kena Air, Jenis Baju Ini Mesti Dicuci dengan Cara Dry Clean

Nggak Boleh Kena Air, Jenis Baju Ini Mesti Dicuci dengan Cara <em>Dry Clean</em>
Ilustrasi dry clean. (Shutterstock)

Millens, nggak semua jenis baju dapat dicuci secara manual atau dengan mesin cuci biasa. Beberapa jenis baju harus dicuci dengan cara dry clean supaya nggak cepat rusak.

Inibaru.id - Millens, nggak semua baju bisa dicuci secara manual atau dengan mecin cuci, lo. Beberapa bahan dan jenis baju justru nggak boleh terkena air karena bisa merusak baju. Baju-baju itu sebaiknya dicuci dengan cara dry clean.

Dry clean memang terbilang lebih mahal dari laundry biasa. Namun, dengan cara itu, pakaianmu akan terlindungi dengan baik. Nah, bahan dan jenis baju seperti apa saja yang sebaiknya dicuci secara dry clean? Simak yuk!

Pakaian dengan Pernak Pernik

Kebaya. (Belsbee)

Kebaya, gaun, ataupun baju yang dihiasi pernak pernik berupa payet, sequins, atau studs sebaiknya dicuci secara dry clean. Jangan sampai mencucinya menggunakan mesin cuci karena dapat merusak pernak pernik yang ada di baju. Tentu kamu nggak mau dong bajumu yang cantik jadi rusak karena salah mencucinya.

Pakaian yang Berlipat-lipat

Pleated dress. (Vince)

Jenis pakaian yang berlipat-lipat atau bisa juga disebut pleated dress sangat riskan jika dicuci menggunakan mesin cuci biasa. Nah, pleated dress ini dianjurkan dicuci secara dry clean supaya lipatannya tetap rapih. So, sebelum lipatan pleated dress kamu menjadi nggak rapi, lebih baik minta bantuan jasa dry clean saja.

Bahan Kulit dan Suede

Jaket suede. (Simpleather)

Pakaian berbahan kulit dan suede mesti dibersihkan dengan usaha ekstra. Kamu bisa menggosok atau menyisir bahan suede secara halus untuk menghilangkan nodanya. Jika kamu nggak ingin ribet, bawa saja pakaianmu ke jasa dry clean.

Setelan Jas

Setelan jas pria. (AliExpress)

Jika diperhatikan, setiap jas biasanya terdapat tag “dry clean only”. Ini mendandakan jika kamu nggak boleh mencucinya dengan cara biasa alias harus dengan cara dry clean. Mencuci jas dengan cara dry clean ini nggak hanya membuat jas menjadi bersih, tapi juga menjadi lebih awet.

Bahan Bulu

Sweater bulu. (Pinterest)

Bahan bulu biasanya digunakan untuk membuat jaket atau sweter. Jika kamu punya jaket atau sweter berbahan bulu, cucilah dengan cara dry clean supaya nggak merusak tekstur bulu.

Nah, Millens, sudah jelas ya kalau nggak semua jenis baju bisa dicuci secara manual atau menggunakan mesin cuci biasa. So, jika kamu punya baju dengan bahan seperti di atas, langsung saja taruh ke jasa dry clean. (IB18/E04)