Nggak Boleh Asal, Kamu Wajib Perhatikan Hal Ini saat Pakai Masker Kain!

Nggak Boleh Asal, Kamu Wajib Perhatikan Hal Ini saat Pakai Masker Kain!
Penggunaan masker kain (Instagram @ataliapr)

Demi mencegah penularan virus corona, masyarakat diminta memakai masker kain di luar rumah. Hanya, pastikan untuk memperhatikan berbagai hal ini saat memakainya.

Inibaru.id – World Health Organization (WHO) belum lama ini menganjurkan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker kain sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19, khususnya saat berada di luar rumah. Meskipun kondisi tubuh sehat, penggunaan masker ini dianggap jauh lebih baik untuk mencegah penularan virus corona.

Meski begitu, jika masker kain nggak dipakai dengan benar, tetap saja kita berisiko tertular. Kita pun harus benar-benar cermat saat menggunakannya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memakai masker kain.

1.       Makser minimal terbuat dari tiga lapis kain

Masker kain (Facebook/Chen Xiaoting))
Masker kain (Facebook/Chen Xiaoting))

Ada banyak sekali jenis masker kain yang bisa kita temukan di pasaran. Hanya, kita nggak boleh sembarangan memilih. Pemerintah menyarankan kita untuk memakai yang minimal terbuat dari tiga lapis kain demi menyaring virus yang tersebar melalui droplet.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker yang diberi isian tisu demi membuat manfaatnya semakin maksimal. 

2.       Durasi penggunaan masker kain

Penggunaan masker kain (Antara/Anindira Kintara)
Penggunaan masker kain (Antara/Anindira Kintara)

Masker kain dapat dipakai berulang kali asalkan rutin dicuci, namun kamu harus memperhatikan durasi pemakaiannya. Maksimal kamu hanya boleh menggunakannya 4 jam. Selain itu, kamu juga sebaiknya mencuci masker kain dengam air hangat, sabun dan disinfektan. Masker juga harus dikeringkan di bawah sinar matahari.

3.       Jangan menyentuh area luar masker

Menyentuh masker (shutterstock)
Menyentuh masker (shutterstock)

Hindari kebiasaan menyentuh area hidung dan mulut secara langsung. Meskipun kamu sudah memakai masker, bukan berarti kamu aman sepenuhnya, lo. Hal ini disebabkan oleh bagian luar masker yang bisa saja sudah dipenuhi bakteri, virus, dan bibit penyakit lainnya. Menyentuhnya pun akan membuat tangan kita berpotensi menjadi media penularan.

4.       Memilih bahan kain terbaik

Bahan masker (Istockphoto/ Izuse)
Bahan masker (Istockphoto/ Izuse)

Setiap bahan kain memiliki daya serap yang berbeda-beda. Misalnya, kain katun memiliki daya serap mencapai 69% dan kain sarung bantal memiliki daya serap hingga 62%. Sebaiknya kamu browsing dulu di Internet terkait dengan bahan kain dari masker yang akan kamu beli demi mendapatkan jenis masker yang terbaik.

5.       Tetap jaga jarak

Menjaga jarak meski sudah memakai masker (Suara/Angga Budhiyanto)
Menjaga jarak meski sudah memakai masker (Suara/Angga Budhiyanto)

Meski sudah menggunakan masker, nggak berarti kamu bisa melakukan apapun sesukamu, ya. Kamu harus tetap jaga jarak saat di keramaian agar terhindar dari droplet yang mungkin berasal dari orang di sekitarmu. Selain itu, jika memang nggak begitu mendesak, sebaiknya kamu tetap di rumah aja.

Kamu yakin nggak dengan kemampuan masker yang dipakai dalam mencegah Covid-19, nih Millens(Idn/MG31/E07)