Nggak Bergambar Gus Dur, Seperti Ini Rupa Uang Pecahan 75 Ribu yang Baru! 

Nggak Bergambar Gus Dur, Seperti Ini Rupa Uang Pecahan 75 Ribu yang Baru! 
Uang pecahan Rp 75 ribu baru yang dikeluarkan BI. (Twitter/Msjkmy)

Sempat beredar isu pecahan uang Rp 75 ribu yang baru akan bergambar Gus Dur, BI menyebut uang ini ternyata bergambar proklamator Soekarno-Hatta. Seperti apa ya rupanya?

Inibaru.id – Setiap 25 tahun sekali, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang pecahan baru sebagai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia. Pada hari ini, Senin (17/8/2020), BI pun menerbitkan pecahan uang baru senilai Rp 75 ribu.

Berdasarkan isu yang berkembang di media sosial beberapa saat lalu, uang ini bergambar Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan kabar tentang adanya pecahan uang baru ini.

“Betul (BI akan meluncurkan pecahan uang baru pada 17 Agustus 2010),” ucapnya pada Minggu (16/8).

Namun, soal apakah uang pecahan Rp 75 ribu ini akan bergambar Gus Dur atau tidak, Rahayu belum bisa meresponsnya. Mantan bos Lembaga Manajemen Aset Negara ini hanya baru bisa memastikan BI akan merilis uang pecahan baru tersebut.

Di sisi lain, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti memastikan bahwa uang pecahan baru  ini bergambar proklamator Soekarno-Hatta dengan latar kereta api serta foto pengibaran bendera pusaka usai pembacaan Proklamasi pada 1945 silam.

Rumor uang Rp 75 ribu yang sebelumnya ramai di media sosial karena bergambar Gus Dur. (bizlaw.id)
Rumor uang Rp 75 ribu yang sebelumnya ramai di media sosial karena bergambar Gus Dur. (bizlaw.id)

Di sisi sebaliknya, tetap nggak ada gambar Gus Dur, melainkan siluet dari wajah orang-orang Indonesia yang terdiri atas beragam suku dan budaya. Selain itu, tersemat juga gambar satelit pada bagian atas.

Dikeluarkannya uang pecahan baru ini memastikan tren Bank Indonesia yang konsisten merilis Uang Rupiah Khusus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia, tepatnya setiap 25 tahun sekali.

Sebagai contoh, pada 1970 lalu, uang yang diterbitkan adalah sembilan jenis uang koin dengan nominal Rp 200 hingga Rp 25 ribu. Pecahan uang ini dikenal sebagai Uang Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada perayaan HUT RI ke-50, BI mengeluarkan dua Uang Rupiah Khusus dengan nominal Rp 300 ribu dan Rp 850 ribu. Di dua pecahan uang ini, tersemat gambar Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

Peluncuran uang ini akan dilakukan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual. Kamu bisa menyaksikan acara peluncuran uang ni di kanal Youtube milik Bank Indonesia.

Tertarik untuk segera mendapatkan uang pecahan yang baru ini, nggak Millens? (Tem/IB09/E03)