Ngawi di Jawa Timur? Haha, Bukan, Ini Ngawi di Selandia Baru

Ngawi di Jawa Timur? Haha, Bukan, Ini Ngawi di Selandia Baru
Ngawi di Selandia Baru. (Youtube/Jerni Haning)

Ternyata, ada lho Kota Ngawi di luar negeri, tepatnya di Selandia Baru. Apakah ada keterkaitan antara kota ini dengan Ngawi di Jawa Timur?

Inibaru.id – Kalau kita membicarakan nama Ngawi, yang langsung terlintas pasti sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Jawa Tengah dan terkenal dengan keindahan alamnya. Tapi, kalau kamu datang ke Selandia Baru, jangan kaget ya kalau kamu juga bisa menemukan Ngawi di sana.

Nggak ada kaitan sama sekali antara Ngawi di Jawa Timur dan di Selandia Baru. Meski namanya sama, nama Ngawi di Selandia Baru nggak terinspirasi dengan Ngawi di Indonesia. FYI, nih, kota Ngawi di Selandia Baru ada di ujung paling selatan Pulau Utara negara tersebut. Kota kecil ini dikenal sebagai kota nelayan yang dipenuhi dengan Bach, rumah-rumah kayu berukuran kecil.

Cara baca Ngawi di Selandia Baru juga berbeda dengan Ngawi di sini. Pengucapannya adalah “Naa-wee”. Menariknya, meski dikenal sebagai kota nelayan, nggak ada dermaga di sini. Alhasil, para nelayan setempat harus memakai buldoser untuk menarik keluar perahu agar nggak hanyut saat ombak sedang besar.

Keindahan alam Ngawi di Selandia Baru. (Reddit/newzealand)
Keindahan alam Ngawi di Selandia Baru. (Reddit/newzealand)

Beda dengan kebanyakan nelayan di Indonesia yang melaut di malam hari, nelayan di sini justru berangkat pagi-pagi untuk mencari ikan. Sekitar pukul 6 pagi mereka sudah mengarungi ombak dan baru kembali dengan hasil buruannya di tengah hari.

Jika cuaca sedang sangat buruk, para nelayan mau nggak mau mencari pekerjaan lain di darat atau bahkan di kota-kota lainnya. Mereka nggak mau mengambil risiko mempertaruhkan nyawa dan memilih melaut saat kondisi dianggap aman.

Lokasi Ngawi memang cukup terpencil karena jauh dari kota-kota besar. Warganya bahkan harus ke kota terdekat seperti Carterton atau Masterton untuk belanja mingguan atau bulanan. Untungnya, karena infrastruktur jalan sudah bagus, mereka bisa mencapainya hanya sekitar satu jam perjalanan.

Ngawi memang bukan lokasi wisata terkenal di Selandia Baru. Pasir pantainya juga hitam dan berkerikil. Hanya, di dekat pantai juga terlihat perbukitan hijau khas Selandia Baru yang indah. Jadi, nggak ada salahnya deh kalau kamu main ke sana untuk mengetahui seperti apa kondisi Ngawi di luar negeri. (Int/IB09/E05)

Tags : #Ngawi