Ngamuk, Gajah Liar Sumatera Rusak Puluhan Rumah Warga

Ngamuk, Gajah Liar Sumatera Rusak Puluhan Rumah Warga
Rumah yang dirusak oleh gajah. (Lampoost)

Puluhan rumah warga di Lampung rusak karena diserang oleh gajah Sumatera. Beruntung, nggak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Inibaru.id - Kawanan gajah mengamuk di Lampung. Tepatnya di sebuah desa yang terletak di Pekon (Desa/Red) Hantatai, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Akibatnya puluhan rumah rusak dan ambruk. Beruntung nggak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Menurut Kepala Resort Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Suoh, Sulki, sejak sepekan terakhir memang sekurangnya ada 12 gajah liar Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang berkeliaran. Puncaknya terjadi pada Jumat dan Sabtu (7-8/11/2020), kawanan gajah yang masuk ke kawasan tinggal merusak 50 rumah warga yang berada di dekat hutan kawasan (TNBBS).

Porak-poranda karena gajah. (Okezone/ iNews/ Enrico Ngantung)
Porak-poranda karena gajah. (Okezone/ iNews/ Enrico Ngantung)

Namun sebelumnya memang pihak Resort TNBBS sudah mengimbau warga untuk mengungsi terlebih dahulu. Alhasil nggak ada korban dalam peristiwa ini.

"Kami telah turun bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk mengimbau masyarakat segera mengungsi," kata Kepala Resort TNBBS Suoh Sulki.

Sampai minggu petang, kawanan gajah diperkirakan masih berada sekitar wilayah tersebut. Para penjaga telah menyiapkan api unggun untuk menghindarkan gajah-gajah tersebut masuk ke permukiman.

"Saat ini kami masih berjaga khususnya pada sore dan malam hari agar kawanan gajah tersebut tidak mendekati permukiman atau alang lagi. Kami menyalakan api unggun di beberapa titik," tambah Sulki.

Semoga gajah-gajah Sumatera itu nggak ngamuk lagi ya, Millens. (IB28/E05)