New Yogyakarta International Airport Siap Beroperasi Akhir April 2019

New Yogyakarta International Airport Siap Beroperasi Akhir April 2019
Landasan di New Yogyakarta International Airport. (Instagram/guspandu_)

New Yogyakarta International Airport yang mulai dibangun sejak Oktober 2018 sudah rampung. Bandara yang dibangun di Kulonprogo, Yogyakarta itu rencananya bakal dioperasikan pada akhir April 2019.

Inibaru.id – New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang dibangun di Kulonprogo, Yogyakarta siap beroperasi mulai akhir April 2019. Hal tersebut disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.

“Setelah melalui beberapa proses verifikasi baik dari Kementerian Perhubungan maupun Avsec, NYIA dinyatakan lolos menjadi bandar udara. Dengan sertifikat tersebut, NYIA sudah layak dan boleh digunakan untuk penerbangan,” jelas Agus seperti ditulis laman Joglosemarnews, Minggu (21/4/2019).

Lorong garbarata di NYIA. (Twitter.com/Sutopo_PN)

Selain itu, Kantor Keimigrasian yang dibangun di NYIA juga telah mendapatkan sertifikat dari Direktorat Keimigrasian sehingga sudah bisa digunakan untuk penerbangan internasional.

Berkaitan dengan hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung perkembangan pembangunan NYIA pada Rabu (24/4/2019). Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan rencana operasional terminal internasional NYIA.

Melansir laman Liputan6, Rabu (24/4/2019), Budi merencanakan pesawat yang akan mendarat kali pertama di terminal internasional NYIA adalah pesawat kepresidenan. Hal itu sekaligus peresmian pengoperasian terminal internasional NYIA. Adapun waktunya direncanakan pada akhir April 2019.

Fasilitas masjid di kompleks NYIA. (Instagram.com/guspandu_)

Selain terminal internasional, seluruh terminal dan fasilitas bandara direncanakan dapat beroperasi penuh pada Desember 2019.

Pembangunan NYIA sebagai bandara baru di Yogyakarta merupakan salah satu komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Yogyakarta dan sekitarnya.

Garbarata NYIA berlatar pemandangan senja. (Twitter.com/Sutopo_PN)

Untuk mendukung misi itu, telah disediakan akses kereta api dari Stasiun Wojo yang berlokasi nggak jauh dari NYIA. Nanti, rencananya akan dibangun pula jalur kereta api langsung dari Stasiun Tugu dengan estimasi waktu sampai 45 menit. Pemerintah juga akan menyediakan bus Damri dengan rute NYIA-Terminal Giwangan Yogyakarta.

Wah, jadi nggak sabar menunggu NYIA benar-benar beroperasi ya, Millens! (IB10/E 04)