New Normal, Profesi Ini Paling Rentan Terkena Covid-19

New Normal, Profesi Ini Paling Rentan Terkena Covid-19
Ilustrasi - Beberapa profesi dinilai akan rentan terkena covid-19 saat kenidupan normal baru. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Di fase new normal atau kehidupan baru, masyarakat kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa, termasuk kembali datang ke tempat kerja. Profesi-profesi ini ternyata yang paling rentan terpapar Covid-19. 

Inibaru.id - Fase kehidupan baru di tengah pandemi sudah mulai dijalankan pemerintah. Masyarakat dibebaskan beraktivitas meski tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Sejumlah tempat kembali dibuka dengan harapan bisa memulihkan perekonomian setelah lesu karena ditutup atau dibatasi dalam beberapa bulan belakangan. Hanya, hal ini bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Para pekerja yang harus kembali ke tempat kerjanya menjadi yang paling rentan tertular virus. Hanya, mereka yang memiliki profesi berikut memiliki risiko jauh lebih tinggi terpapar virus corona.

Hair Stylish

Ilustrasi - Hairstylish bakal lebih sering berhadapan dengan pelanggan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)<br>
Ilustrasi - Hairstylish bakal lebih sering berhadapan dengan pelanggan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Banyak orang yang memilih untuk mendekam di rumah saja selama beberapa waktu demi menghindari penyebaran virus corona. Begitu pemerintah memberikan kelonggaran, mereka pun ingin pergi ke salon, tukang potong rambut, dan tempat perawatan diri lainnya.

Hal ini membuat para pekerja di sektor ini akan bekerja lebih keras dari sebelumnya. Mereka pun memililki risiko lebih besar untuk terpapar Covid-19 mengingat mereka akan berhadapan dan bersentuhan langsung dengan pelanggan dalam waktu yang cukup lama.

Pekerja Restoran

Ilustrasi - Pekerja restoran juga rentan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Ilustrasi - Pekerja restoran juga rentan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Restoran atau kafe juga jadi tempat yang akan dikerubungi oleh banyak orang saat fase kehidupan baru berjalan. Rasa bosan di rumah dan keinginan untuk nongkrong dengan teman-teman setelah nggak lama jumpa nggak bisa dielakkan. Masalahnya, semakin banyak orang berkumpul, semakin besar risiko terjadinya penularan Covid-19.

Para pekerja restoran yang harus melayani banyak orang juga menjadi yang paling rentan tertular virus ini. Apalagi jika mereka nggak memakai masker dan mencuci tangan. Padahal, para pekerja restoran cenderung sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Guru TK/SD

Ilustrasi- Anak-anak yang masih belum tahu secara benar protokol kesehatan dinilai akan menularkan covid-19 kepada gurunya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi- Anak-anak yang masih belum tahu secara benar protokol kesehatan dinilai akan menularkan covid-19 kepada gurunya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Guru yang mengajar anak kecil di level SD atau TK ternyata lebih rentan terpapar virus corona. Hal ini disebabkan oleh anak-anak di usia tersebut cenderung belum sepenuhnya menyadari pentingnya menjaga protokol kesehatan atau bahaya dari virus corona. Karena alasan inilah banyak sekolah di level SD atau TK yang belum dibuka.

Pengemudi Transportasi Umum

Ilustrasi - Agar terhindar, profesi pengemudi sebaiknya pakai tabir pembatas. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi - Agar terhindar, profesi pengemudi sebaiknya pakai tabir pembatas. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Menurut World Economic Forum, pengemudi transportasi umum perlu berhati-hati saat menjalani tugas mereka kembali. Berhadapan dengan banyak orang yang datang silih berganti membuat mereka berisiko terpapar covid-19. Apalagi kini ada penelitian yang membuktikan bahwa virus ini bisa menular lewat udara.

Mengingat pengemudi transportasi umum berada di ruang tertutup sepanjang waktu, mereka harus berhati-hati dan selalu memakai masker, sarung tangan, dan menjaga jarak. Batas antara kursi penumpang dan pengemudi juga harus diperhatikan.

Pramugari

Ilustrasi pramugari. (Flickr/deltanewshub)
Ilustrasi pramugari. (Flickr/deltanewshub)

Pramugari menjadi profesi yang paling berisiko tertular virus Corona lainnya. Hal ini disebabkan oleh penumpang pesawat yang bisa jadi sudah terinfeksi Covid-19. Padahal, para pramugari ini harus berada di ruang tertutup dalam waktu yang cukup lama saat pesawat mengudara.

Apakah salah satu dari profesi di atas adalah yang kamu lakukan sekarang, Millens? Hati-hati ya agar nggak mudah tertular. (Det/IB28/E07)