Negative Self Talk Perlu Dihindari dengan Cara-Cara Ini

<em>Negative Self Talk</em> Perlu Dihindari dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi self talk. (iStock)

Nggak jadi lebih baik, self talk yang negatif justru bikin mentalmu makin buruk. Negative self talk itu juga bisa meningkatkan stres.

Inibaru.id – Siapa sih, yang nggak pengin hidup bahagia, sehat, dan nyaman? Pasti kamu juga mau dong. Nah, salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk berada pada kondisi itu adalah dengan melakukan self talk. Kegiatan berbicara dengan diri sendiri ini perlu, asal kamu nggak bicara hal-hal negatif.

Berbicara hal-hal negatif ke diri sendiri bisa berdampak buruk pada kualitas hidupmu, Millens. Bukan memperbaiki diri, negative self talk malah membuat hidupmu jadi lebih buruk dan makin stres.

Nah, kamu bisa menghindari negative self talk dengan cara-cara seperti ini.

Hindari Mengeluh, “Aduh, Kenapa Aku Bodoh Sekali, sih?”

Ketika kamu melakukan sebuah kesalahan atau nggak memahami sesuatu, ungkapan ini sering keluar begitu saja. Padahal, kalimat ini bisa bikin kamu merasa semakin buruk. Kata "bodoh" yang kamu ucapkan justru membuatmu down alias jadi gampang menyerah dan nggak memberikan solusi maupun motivasi.

Daripada mengatai diri sendiri, lebih baik ungkapkan kata-kata positif yang membuatmu lebih tenang dan semangat. Kalimat itu misalnya “Tenang, ini memang sulit, tapi pasti ada cara lain untuk mengatasinya.” Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi dan berjuang.

Jangan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri

Ada kalanya kamu melakukan kesalahan fatal dalam hidup. Namun, nggak semestinya kamu berlarut-larut menangisi kesalahan itu. Cobalah untuk berpikir lebih tenang dan berikan peluang untuk dirimu mencari solusi memperbaiki kesalahan. 

Membandingkan Diri, “Mengapa Aku Nggak Bisa Sebaik Mereka?”

Setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Kamu nggak bisa seperti mereka karena kamu bukanlah orang lain. Pikiran ini semestinya ada di benak setiap orang.

Lebih dari itu, kamu pasti memunyai hal istimewa di dalam diri. Jadi, yuk syukuri apa yang kamu miliki dan coba kembangkan.

Memotivasi Diri dengan Kalimat “Aku pasti bisa!”

Yap, kamu pasti bisa! Kalau memang nggak bisa, pasti ada cara lain. Berpikirlah secara tenang, motivasi dirimu, dan cari cara lain. Pasti kamu bisa, kok!

Ganti Ungkapan Negatif dengan Ungkapan Positif

Dilansir dari laman Kompasiana (25/12/2018), Robert S. Weinberg,  psikolog dari Miami University mengatakan seseorang yang melakukan positive self-talk nggak akan mudah putus asa. Mereka cenderung terus berusaha mencapai tujuan dengan menjadikan kegagalan atau kesalahan sebagai pelajaran.

Kalau kamu menjalani cara-cara ini, yakin deh, hidupmu bakal lebih bahagia dan sehat! Setiap langkahmu akan diwarnai dengan aura positif. Jadi, hindari untuk mengungkapkan hal-hal buruk pada diri sendiri ya, Millens. (IB07/E04)