Naungi OSC, Tahun Depan Media Group Siapkan Yayasan Surya Edukasi Bangsa

Naungi OSC, Tahun Depan Media Group Siapkan Yayasan Surya Edukasi Bangsa
CEO Medcom.id Mirdal Aqib memberikan sambutan saat Awarding Night OSC di Velodrome, Jakarta Timur, Kamis (19/12). (Medcom.id)

Nantinya Yayasan Surya Edukasi Bangsa akan menaungi penyelenggaraan Online Scholarship Championship (OSC).

Inibaru.id - Sukses menyelanggarakan program beasiswa Online Scholarship Championship (OSC) 2019, nggak membuat Media Group berhenti memberikan sumbangsihnya bagi iklim pendidikan di Indonesia. Kelompok usaha media yang didirikan Surya Paloh ini sedang mempersiapkan yayasan yang akan menaungi OSC. Namanya, Yayasan Surya Edukasi Bangsa.

Menurut CEO Medcom.id, Mirdal Akib, yayasan tersebut akan memberi perhatian pada pendidikan di Indonesia. Dia berharap yayasan ini dapat membantu pemerintah dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas.

"Karena untuk Indonesia unggul, dibutuhkan SDM yang unggul. Sedangkan untuk bisa mendapatkan SDM yang unggul, maka dibutuhkan pendidikan yang merata dan terbaik untuk seluruh putra putri bangsa ini," terangnya. Dia juga mengungkapkan rencananya untuk mengundang seluruh pemangku kepentingan beserta masyarakat Indonesia untuk mewujudkan pendidikan berkualitas lewat Yayasan Surya Edukasi Bangsa ini.

O ya, sebelumnya, Medcom.id telah mendirikan OSC Community. Komunitas ini menjadi wadah komunikasi para finalis, peserta, dan pemburu beasiswa.

Tiap tahun peserta OSC terus melonjak, lo. Berdasarkan data OSC, jumlah penerima beasiswa saat pertama kali digelar (2015) hanya 50 orang. Kemudian naik menjadi 200 orang pada 2016, naik lagi menjadi 240 pada 2017, dan menjadi 360 pada 2018. "Terbaru di tahun ini, jumlah penerima beasiswa menjadi 420 orang dengan 21 PTS penyedia beasiswa senilai Rp40 miliar," sebut Mirdal.

FYI, Online Scholarship Competition (OSC) merupakan Kompetisi beasiswa daring pertama di Indonesia yang diadakan Medcom.id. Program ini hadir untuk memudahkan putra-putri Indonesia melanjutkan pendidikan hingga S1 di berbagai Perguruan Tinggi Swasta mitra OSC.  

Melalui OSC peserta nggak perlu datang ke perguruan tinggi untuk mendaftarkan diri hingga tes tahap awal karena dilaksanakan secara daring.   

Caranya yakni dimulai dari pendaftaran dan tes tahap awal yang dilakukan melalui sistem online. Tahun ini, penyelenggaraan OSC telah memasuki tahun ke-5. Ada 21 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama yang diajak kerja sama. PTS-PTS ini tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar, dan Bali.  

Program OSC dibuat dengan harapan dapat memfasilitasi anak-anak berprestasi di seluruh Indonesia untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi sehingga pemerataan pendidikan terwujud.

Semoga OSC bisa menjadi jembatan untuk putra putri berprestasi mempersiapkan diri menjadi pemimpin bangsa ya. (IB28/E05)