Nasib Mujur, Petani Ini Nggak Sengaja Menanam Mangga Termahal di Dunia

Nasib Mujur, Petani Ini Nggak Sengaja Menanam Mangga Termahal di Dunia
Mangga miyazaki, mangga termahal di dunia. (bibitunggul.co.id)

Petani ini nggak tahu kalau mangga dengan buah berwarna merah di kebunnya ternyata adalah mangga termahal di dunia. Dia pun sampai menyewa petugas keamanan agar mangganya nggak lagi dicuri orang. Wah, seperti apa ya ceritanya?

Inibaru.id – Namanya nasib terkadang nggak bisa diprediksi. Hal ini pulalah yang dialami oleh seorang petani dari India bernama Sankalp Singh Parihar. Dia nggak sengaja menanam mangga termahal di dunia di kebunnya. Bukannya senang, Sankalp justru ketakutan dan kini harus menyewa tim keamanan untuk menjaga pohon mangga tersebut. Kok, bisa?

Kisah nggak biasa ini berawal pada empat tahun lalu. Saat itu, Sankalp membeli bibit mangga dari seorang lelaki saat naik kereta. Padahal, dia sebenarnya sedang mencari benih kelapa hibrida. Dia pun menanamnya begitu saja di kebunnya. Nggak disangka, mangga tersebut ternyata adalah varietas mangga Miyazaki yang termahal di dunia.

Bibit mangga ini dia namai Damini, sesuai dengan nama ibunya. Sankalp bercerita kalau mangga ini dia beli seharga lebih dari Rp 450 ribu.

Nah, beberapa bulan kemudian, mangga ini mulai berbuah. Tapi, warna buah mangganya nggak seperti biasanya karena kemerahan dan sangat indah. Nah, kabar bahwa ada buah mangga dengan warna nggak biasa ini pun kemudian tersebar seantero India.

Karena viral, Sangkalp pun kemudian sadar kalau yang dia tanam ternyata adalah mangga Miyazaki. Sebagaimana namanya, mangga ini lumayan populer di Jepang. Di Negara Matahari Terbit mangga ini dikenal dengan sebutan mangga “telur matahari”. Di sana, per buahnya dihargai sekitar Rp 50 Dollar AS atau lebih dari Rp 722 ribu!

Karena mahal dan terkadang dicuri, Sankalp sampai memelihara anjing penjaga dan menyewa petugas keamanan. (marketshockers)
Karena mahal dan terkadang dicuri, Sankalp sampai memelihara anjing penjaga dan menyewa petugas keamanan. (marketshockers)

Nah, karena di India jenis mangga ini lumayan langka, banyak orang yang menawar mangganya dengan harga yang lumayan fantastis. Yang paing tinggi, ada yang menawar per buahnya mencapai 283 Dollar AS atau sekitar Rp 4 juta!

Sangkalp ternyata sudah menanam sekitar 150 pohon mangga varietas ini di kebunnya. Sayangnya, baru empat batang pohon yang benar-benar berbuah. Tahu bahwa mangga ini berharga mahal, ada sejumlah orang yang berusaha untuk mencurinya.

“Tahun lalu ada insiden pencurian,” keluh Sangkalp.

Gara-gara hal ini, Sankalp pun khawatir sehingga memilih untuk memelihara anjing. Jumlah anjing untuk menjaga kebunnya pun meningkat dari hanya satu ekor jadi sembilan ekor. Enam di antaranya adalah berjenis anjing gembala Jerman.

Nggak tanggung-tanggung, Sankalp sampai menyewa tiga orang untuk menjaga keamanan kebun. Dia ingin kebunnya aman dari aksi pencurian.

Ternyata Sankalp nggak mau cari untung sendiri. Dia juga punya cita-cita banyak orang di India bisa menanam pohon mangga ini. Penginnya sih, setiap orang bisa membeli dan menikmati kelezatan dari mangga ini.

Kalau kamu punya mangga termahal di dunia, apakah juga bakal sampai mengamankannya seperti Sankalp, Millens? (Kom/IB09/E05)