Nama Kota Pontianak Kabarnya Terinspirasi dari Hantu Kuntilanak, Beneran?

Nama Kota Pontianak Kabarnya Terinspirasi dari Hantu Kuntilanak, Beneran?
Nama Kota Pontianak, dari kuntilanak? (Flickr/ baka_neko_baka)

Di Bahasa Melayu, kuntilanak dikenal dengan nama pontianak atau puntianak. Kok mirip dengan nama Kota Pontianak, ya? Apakah memang benar terkait?

Inibaru.id – Bicara tentang Kota Pontianak, yang terpikir pasti adalah julukannya sebagai Kota Khatulistiwa. Realitanya, Ibu Kota Kalimantan Barat ini memang dilewati garis maya yang membelah bumi jadi dua bagian utara dan selatan. Nah, kabarnya, kota ini punya kaitan mistis dengan hantu kuntilanak, lo. Eh, beneran, nggak sih?

Mungkin kamu nggak pernah mendengarnya, namun di Bahasa Melayu, Kuntilanak juga dikenal dengan sebutan Pontianak atau Puntianak. Nah, sudah mulai mengerti kan seperti apa kaitannya?

Jadi gini, Millens, kuntilanak adalah hantu perempuan yang kabarnya tewas saat melahirkan. Arwahnya nggak tenang. Meski bentuknya perempuan cantik, warga ketakutan saat melihatnya karena bisa saja tiba-tiba berubah jadi mahluk yang menyeramkan.

Nah, awal mula Pontianak dikaitkan dengan hantu ini ada di buku berjudul Asal-Usul Kota-Kota di Indonesia Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM. Kabarnya, dulu di wilayah yang dikenal jadi Pontianak, ada hantu kuntilanak yang sangat sering mengganggu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Omong-omong, laki-laki tersebut adalah putra dari Al Habib Husin, pendiri Kerajaan Pontianak yang lahir pada 1730. Sultan Syarif kabarnya sering diganggu kuntilanak saat berada di Sungai Kapuas. Kapalnya bahkan sering menembakkan meriam demi mengusir hantu tersebut.

Ada banyak versi asal nama Kota Pontianak. (Flickr/

baka_neko_baka)
Ada banyak versi asal nama Kota Pontianak. (Flickr/ baka_neko_baka)

Nah, kabarnya, tiga tempat Sultan Syarif menembakkan meriam ini jadi tiga titik awal berkembangnya kota ini. Titik tersebut adalah Masjid Jami Sultan Abdurrahman, Istana Kadriah, serta permakaman anggota keluarga sultan. Kalau soal nama, ya Pontianak berasal dari kuntilanak yang konon dulu ada cukup banyak di wilayah tersebut.

Nah, soal nama puntianak, kabarnya adalah singkatan dari perempuan mati beranak. Meski begitu, ada juga yang menyebut kuntilanak ini sebenarnya adalah akal-akalan para perompak yang ingin mengusir warga dari area hutan tempat mereka bersembunyi.

Meski begitu, ada juga versi lain, Millens. Kabarnya, dulu di wilayah tempat di mana Pontianak berdiri banyak Pohon Punti yang sangat tinggi. Selain itu, ada versi lain yang menyebut nama kota ini berasal dari dari istilah Pontian yang artinya adalah tempat persinggahan. Menariknya, di Malaysia juga ada wilayah dengan nama Pontian, lo.

Lokasi Pontianak yang sangat strategis membuatnya disinggahi banyak pedagang, baik itu dari Asia Tenggara, ataupun Tiongkok. Khusus untuk para pedagang dari Tiongkok, banyak yang akhirnya menetap di kota tersebut.

Kini, kota ini dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan kuliner yang lezat. Nah, balik lagi soal kuntilanak, kayaknya kamu nggak perlu khawatir banget dengan hal ini saat main ke Pontianak karena kota ini sudah maju sehingga ya kisahnya jadi semacam urban legend aja deh.

Jadi, kapan nih kita main ke Kota Pontianak, Millens? (Buz/IB09/E05)