Naik KA Joglosemarkerto, Semarang-Yogyakarta Bisa Langsung?

Naik KA Joglosemarkerto, Semarang-Yogyakarta Bisa Langsung?
Kereta api KA Joglosemarkerto yang akan segera diluncurkan PT KAI (Zetizen)

Kereta Api Joglosemarkerto digadang-gadang bisa menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan dan Yogyakarta. Namun, apakah penumpang bisa naik kereta dari Semarang ke Yogyakarta secara langsung?

Inibaru.id – Sempat jadi teka-teki, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya secara resmi meluncurkan kereta api dengan rute Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto dengan nama KA Joglosemarkerto. Kereta bersifat komuter ini menghubungkan berbagai kota di Jawa Tengah khususnya bagian selatan hingga ke Yogyakarta.

Kamu bisa mulai menggunakan KA Joglosemarkerto pada Sabtu (1/1), Millens. Ada dua kelas yang ditawarkan yakni kelas ekonomi dan eksekutif. Untuk kelas eksekutif, KA Joglosemarkerto menyediakan dua gerbong dengan kapasitas 100 tempat duduk. Sementara itu, kelas ekonomi disediakan tujuh gerbong dengan kapasitas 560 penumpang.

Kai.id, Kamis (29/11/2018) menulis, KA Joglosemarkerto sebenarnya adalah perpanjangan dari rute KA Kamandaka yang melayani rute Semarang ke Purwokerto. Rute ini diperpanjang menuju Yogyakarta, Solo, dan kembali ke Stasiun Tawang yang ada di Kota Semarang.

Selain itu, KA baru ini juga membuat KA Joglokerto yang semula hanya melayani rute Purwosari, Solo menuju Purwokerto PP diperpanjang menjadi rute Semarang-Solo-Yogyakarta.

Keberadaan KA Joglosemarkerto ini pun mengubah rute yang digunakan KA Jakatingkir. Dulu, rute kereta ini diawali di Stasiun Porwosari, Solo. Namun, kini kereta tersebut berangkat dari Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta dengan tujuan yang tetap sama, yakni Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Bisa langsung dari Semarang ke Yogyakarta?

Di awal kabar peluncuran KA Joglosemarkerto, banyak orang yang bersuka cita karena ada kemungkinan mereka bisa naik kereta api dari Semarang sampai Yogyakarta secara langsung. Namun, berdasarkan jadwal KA Joglosemarkerto yang ada di situs resmi KAI, kamu hanya bisa memakai kereta dengan rute Solo-Semarang-Solo dengan jalur memutar (loop) yang melewati Kota Tegal dan Purwokerto terlebih dahulu. Waktu yang ditempuh tentu akan jauh lebih lama.

Akan tetapi, ini nggak berlaku bila kamu naik kereta dari Yogyakarta ke Semarang. Jika kamu pengin berangkat dari Yogyakarta ke Semarang, kamu bisa memakai kereta langsung menuju Stasiun Tawang, Semarang melewati Solo dengan waktu tempuh 3 jam 50 menit.

Perjalanan dari Purwokerto ke Solo atau sebaliknya bisa dilakukan secara langsung melewati Kota Semarang dan jalur pantura. Perjalanan dari Purwokerto ke Semarang atau sebaliknya juga melewati jalur pantura seperti Pekalongan dan Tegal.

Namun, jadwal KA Joglosemarkerto yang dikeluarkan oleh PT KAI di situsnya www.kai.id masih cukup membingungkan, khususnya tentang ketersediaan beberapa rute antarkota yang berbeda dengan rute di daftar harga yang telah dikeluarkan. Satu hal yang pasti, jika kamu memesan tiket kereta ini untuk keberangkatan 1-13 Desember 2018, kamu bakal mendapatkan diskon 10 persen.

Biar nggak bingung kalau mau naik kereta ini, Millens bisa bertanya ke akun media sosial PT KAI atau langsung bertanya ke bagian customer service di stasiun sehingga bisa mendapatkan informasi yang tepat. Cocok buat pelancong yang pengin muter-muter Jawa Tengah dan Yogyakarta naik kereta, nih! (IB09/E04)