Naik Bus dari Garut Bisa Langsung Sampai Mekah, Mungkin Nggak Sih?

Naik Bus dari Garut Bisa Langsung Sampai Mekah, Mungkin Nggak Sih?
Bus Garut - Mekah sempat menjadi perbincangan hangat warganet. (Twitter/thepopoh)

Di Twitter, warganet dihebohkan dengan sebuah bus di Arab Saudi dengan jurusan Garut - Mekah. Mungkinkah kita bisa naik bus langsung dari Garut ke Tanah Suci?

Inibaru.id – Akun Twitter @thepopoh baru-baru ini membuat geger warganet karena mengunggah sebuah foto yang sangat nggak biasa. Dalam foto tersebut, terlihat jelas ada sebuah bus yang berhenti di jalanan sebuah kota. Kota ini sepertinya ada di Arab Saudi karena terlihat beberapa orang memakai pakaian ihram seperti akan melakukan ibadah haji atau umrah.

Bus ini sebenarnya terlihat seperti bus-bus di negara Arab pada umumnya karena ada nomor yang memakai tulisan Arab. Hanya, di bagian atas kaca bus, terlihat tulisan yang nggak asing bagi masyarakat Indonesia, yakni jurusan bus dengan nama kota Tanah Air. Tertulis, jurusan bus tersebut adalah Garut – Mekah PP (Pergi Pulang).

Pemilik akun @thepopoh pun berkelakar jika naik bus ini dari Garut dan kemudian ketiduran, saat bangun sudah sampai di Mekah.

Naik bus dari Garut, ketiduran.. bangun2 langsung disuruh tawaf,” kelakar akun tersebut pada Jumat (18/9/2020).

Bus jurusan Cirebon - Bandung di Arab Saudi. (Okezone/Rizka Diputra)
Bus jurusan Cirebon - Bandung di Arab Saudi. (Okezone/Rizka Diputra)

Di kolom komentar, warganet ikut-ikutan meramaikan dengan menunjukkan video dan foto yang hampir sama, yakni bus di Arab Saudi yang juga sangat khas Indonesia karena ada tulisan jurusan Cirebon – Bandung. Logikanya, bagaimana bisa bus dengan rute Jawa Barat nyasar sampai Arab, kan, Millens?

Usut punya usut, ternyata bus jurusan Cirebon – Bandung yang ada di Arab Saudi sudah pernah viral sebelumnya. Tepatnya pada 2018 lalu. Saat itu, seorang pemilik akun Facebook bernama Em Badri Abdul Ghoni mengunggahnya pada Minggu (31/12/2017).

Dalam foto yang diunggahnya, terlihat plat nomor bus tersebut dari Arab Saudi. Merek busnya berasal dari Tiongkok, yakni Higer.

Bagas, warga asli Cirebon pemilik Vitto Rental yang pernah melakukan ibadah umrah menyebut ada kemungkinan bus ini dikendalikan oleh sopir yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Bisa jadi mereka iseng memasang stiker jurusan tersebut karena toh warga Arab juga tahu nama-nama daerah tersebut nggak ada di sana.

“Dulu waktu saya umrah, sopir bus dari Madinah ke Mekah aslinya dari Rajagaluh, Majalengka,” ucap Bagas, Rabu (4/1/2018).

Sayangnya, bus-bus ini nggak melayani perjalanan sampai Indonesia, Millens. Ha ha. (Kum/IB09/E05)