Nah lo! Pakar Kesehatan Bantah Nonton Bioskop Bisa Bikin Masyarakat Bahagia dan Tingkatkan Imun

Nah lo! Pakar Kesehatan Bantah Nonton Bioskop Bisa Bikin Masyarakat Bahagia dan Tingkatkan Imun
Ilustrasi: bioskop akan segera kembali dibuka. (Inibaru.id/Audrian F)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Prof Wiku Adisasmito menyebut pembukaan bioskop bisa membuat masyarakat bahagia dan meningkatkan sistem imun. Pakar kesehatan ternyata nggak setuju dengan hal ini.

Inibaru.id – Belakangan ini, warganet dihebohkan dengan pernyataan yang berasal dari Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Prof Wiku Adisasmito. Dia berkata bahwa sistem imun tubuh seseorang akan meningkat jika lebih bahagia. Pernyataan ini terkait dengan rencana pembukaan bioskop oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pernyataan ini dia keluarkan saat konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (26/8/2020). Saat itu, konferensi sebenarnya ditujukan untuk mengungkap rencana Pemprov DKI untuk kembali membuka bioskop di masa pandemi Covid-19.

Menurut Prof Wiku, tim pakar telah melakukan kajian untuk mengetahui dampak pembukaan bioskop dari sisi kesehatan, ekonomi, dan sosial. Dia juga menyebut bioskop bisa membuat orang bahagia dan nggak mudah stres sehingga akan meningkatkan sistem imun tubuh.

“Perlu kami sampaikan kalau bioskop memang memiliki karakteristik yang penting. Imunitas masyarakat meningkat karena bahagia,” ucapnya saat itu.

Pembukaan bioskop di masa pandemi. (Twitter/Bicaraboxoffice)
Pembukaan bioskop di masa pandemi. (Twitter/Bicaraboxoffice)

Meski begitu, Prof Wiku juga memastikan bahwa pembukaan bioskop nggak bisa dilakukan dengan sembarangan. Harus ada protokol kesehatan yang ketat agar nggak memicu penularan penyakit. Hanya, warganet kadung mempermasalahkan pernyataannya tentang kebahagiaan dan sistem imun. Sebagian pakar kesehatan juga mempertanyakan hal ini.

“Saya sebenarnya ingin meluruskan, nggak ada di dalam strategi, sejarah, ataupun literatur pandemi manapun yang mengungkap cara meningkatkan sistem imun dengan melakukan intervensi yang bisa membuat masyarakat bahagia,” jelas Dicky Budiman, epidemiolog dari Universitas Griffith.

Dicky juga menyebut rencana pembukaan bioskop ini sebagai kebijakan yang sangat berisiko. Apalagi tingkat penularan Covid-19 di Jakarta masih di angka 10 persen, sekitar dua kali lipat dari batas maksimum yang ditetapkan WHO yang hanya 5 persen.

Alih-alih bioskop tertutup, bioskop terbuka lebih direkomendasikan di masa pandemi. (Inibaru.id/ Audrian F)
Alih-alih bioskop tertutup, bioskop terbuka lebih direkomendasikan di masa pandemi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dicky juga menuding pembukaan ini sepertinya lebih mempertimbangkan faktor ekonomi. Alih-alih membuka bioskop di ruangan tertutup, Dicky lebih menyarankan bioskop di ruangan terbuka dengan sistem drive in dengan penonton membawa kendaraannya sendiri.

Sebenarnya, kalau memang khawatir dengan virus corona, kita bisa memilih untuk nggak pergi ke bioskop atau tempat keramaian lain, ya Millens. Hanya, kalau memang bioskop dibuka, apakah menurutmu hal ini bisa membuat penularan semakin parah? (Kum/IB09/E05)