Musim Hujan, Minum 6 Ramuan Herbal Ini buat Jaga Daya Tahan Tubuh

Musim Hujan, Minum 6 Ramuan Herbal Ini buat Jaga Daya Tahan Tubuh
Ramuan yang bisa menjaga daya tahan tubuh kamu di saat pandemi Covid-19, apa saja sih? (via Okezone)

Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Pada musim seperti ini, penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan masuk angin banyak mengintai. Belum lagi varian omicron yang masih merebak. Karena itu, cobain deh 6 ramuan herbal berikut biar daya tubuhmu nggak meleyot.

Inibaru.id - Tetap harus beraktivitas di tengah dinginnya musim hujan dan ganasnya penyebaran omicron? Sabar, kamu nggak sendiri kok. Nah, sebagai ikhtiar biar badan tetap sehat, kamu harus menjaga pola makan tetap sehat, berolahraga, dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba 6 ramuan herbal berikut biar daya tahan tambah yahud.

Secara umum, herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang memiliki kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan, Millens.

Terkait pemanfaatan tumbuhan herbal, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo, mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 yang tertanggal 19 Mei 2020, mengenai Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan.

Berikut enam ramuan herbal tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh berdasarkan surat edaran Kemenkes, mulai dari ramuan jahe hingga ramuan bawang putih tunggal. Yuk, simak!

1.      Ramuan Jahe

Bagi orang Indonesia, rimpang jahe sudah lama dikenal sebagai bahan herbal untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan selain dijadikan pelezat masakan.

Kalau mau menjadikan jahe sebagai ramuan herbal, nggak susah kok. Siapkan beberapa bahan seperti jahe merah (2 ruas ibu jari), jeruk nipis (1), kayu manis (3 jari), gula merah (secukupnya), dan air (3 cangkir).

Cara membuat:

Cuci bersih semua bahan, untuk jahe merah apabila sudah dicuci bersih kemudian digeprek. Rebus air hingga mengeluarkan banyak uap, kemudian rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit dengan api kecil. Selanjutnya saring dalam keadaan dingin. Minum 1 cangkir sehari.

2.      Ramuan Kunyit 

Selain jahe, ada kunyit. Rimpang berwarna kuning kemerahan ini, sudah sering disajikan sebagai jamu. Sekarang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang digunakan yaitu kunyit (1 ruas), lengkuas (1 ruas ibu jari), jeruk nipis (1), air (3 cangkir), dan gula merah (secukupnya).

Cara membuat:

Cuci bersih semua bahan, memarkan kunyit dan lengkuas. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api dan masukan semua bahan, tunggu kira-kira hingga tinggal setengahnya dan matikan api. Saring setelah dingin. Minun dua kali sehari sebanyak masing-masing 1 cangkir.

3.      Ramuan Pegagan

Bahan yang digunakan yaitu pegagan (1 jumput), jahe merah (1 ruas ibu jari), temulawak (1 iris), air (1,5 gelas), dan gula aren (secukupnya).

Cara membuat:

Cuci bersih pegagan, kemudian rebus air hingga mendidih, masukan pegagan dan kecilkan api. Tunggu sampai air tersisa kira-kira 2 gelas, kemudian saring dalam keadaan dingin dan tambahkan perasan jeruk nipis agar lebih segar. Minum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

4.      Ramuan Kencur

Masyarakat Indonesia sudah nggak asing dengan ramuan herbal tradisional. (Kompas/ Roderick Adrian Mozes)
Masyarakat Indonesia sudah nggak asing dengan ramuan herbal tradisional. (Kompas/ Roderick Adrian Mozes)

Herbal selanjutnya adalah kencur. Bahan yang digunakan yaitu kencur yang sudah dikupas (500 gram), beras (100 gram), daun pandan (3 lembar), gula aren (secukupnya), dan air (2300 ml).

Cara membuat:

Sangrai beras hingga kekuningan. Kemudian haluskan beras, kencur, dan gula. Setelah halus, masukkan ke dalam air hingga mendidih, kemudian tambahkan pandan dan saring. Minum dua kali sehari.

5.      Ramuan Daun Kelor

Boleh jadi, selama ini kamu pernah mendengar bahwa daun kelor merupakan superfood. Selain dimakan, daun kelor juga bisa dijadikan minuman herbal. Bahan yang digunakan yaitu daun kelor (2 genggam) dan air (2 cangkir).

Cara membuat:

Rebus air hingga mendidih, masukkan daun kelor, lalu matikan api, dan saring dalam keadaan dingin.

Dosis untuk dewasa yaitu 2 kali sehari satu cangkir. Anak-anak 2 kali sehari setengah cangkir.

6.      Ramuan Bawang Putih Tunggal

Ramuan ini sempat booming beberapa tahun yang lalu. Khasiat bawang putih lanang atau tunggal memang banyak dipercaya masyarakat. Kalau kamu mau coba, siapkan bawang putih tunggal/lanang (2 butir), air hangat (1 gelas), dan madu (secukupnya).

Cara membuat:

Bawang putih yang sudah dicuci bersih kemudian dimemarkan sampai halus, campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan madu, aduk hingga larut. Diminum 2 kali sehari.

Itu dia, enam ramuan tradisional yang bisa kamu jadikan "senjata" untuk melindungi tubuh dari paparan penyakit di musim dingin dan masa pandemi, Millens. (Cnn/MG42/E05)