Empat Orang Meninggal Saat Wisata Tubing di Magelang, Berikut Kronologinya

Wisata tubing di Kali Gono, Desa Tampir Wetan, Magelang menelan 4 korban jiwa. Musibah itu terjadi karena banjir bandang tiba-tiba datang di tengah-tengah kegiatan menyusuri sungai. Berikut kronologi lengkapnya.

Empat Orang Meninggal Saat Wisata Tubing di Magelang, Berikut Kronologinya
Ilustrasi arung jeram. (Mongabay)

Inibaru.id – Sebanyak empat wisatawan yang sedang melakukan river tubing di Kali Gono, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang meninggal dunia. Meninggalnya empat wisatawan itu dikarenakan banjir bandang yang tiba-tiba datang saat mereka menyusuri sungai, Rabu (13/3/2019).

Kompas.com, Kamis (14/3), menulis, Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, para korban merupakan bagian dari rombongan kelompok agen travel dari berbagai daerah di Indonesia dan Malaysia.

Yudi mengatakan, rombongan itu datang menggunakan tiga mobil (2 mobil kecil dan 1 mobil Mitsubishi L 300 Hiace) sekitar pukul 12.00 WIB. Peserta yang berjumlah sekitar 12 orang dibagi menjadi tiga kelompok.

Saat turun ke lokasi sungai dan memulai kegiatan tubing, cuaca masih cerah dan debit air masih normal. Mereka juga mengenakan perlengkapan keselamatan seperti helm, life jacket, dan pelindung siku tangan juga kaki.

Beberapa saat setelah perjalanan menyusuri sungai, semua peserta tubing sampai di bendungan sungai. Di situ, para peserta berhenti untuk istirahat dan berfoto di bawah arus bendungan. Sepuluh menit kemudian, air dalam debit yang besar tiba-tiba menerjang seluruh peserta dan pemandu tubing.

Sebagian besar menyelamatkan diri, tapi enam orang hanyut. Sekitar pukul 16.30 WIB, korban ditemukan sekitar 1 kilometer dari lokasi awal. Sebanyak empat orang meninggal, sedangkandua lainnya luka-luka. Korban meninggal langsung dibawa ke RSU Muntilan, sedangkan korban luka dibawa ke RST Magelang.

Semoga peristiwa serupa nggak terjadi lagi, ya, Millens. Yuk, doakan supaya keluarga korban diberi kesabaran dan ketabahan. (IB07/E04)