Museum Kota Lama Semarang Resmi Dibuka, Tiket Masuk Masih Gratis!

Museum Kota Lama Semarang Resmi Dibuka, Tiket Masuk Masih Gratis!
Museum Kota Lama Semarang sudah resmi dibuka. (Antara Foto/Aji Styawan)

Bundaran Bubakan yang ada di Kawasan Kota Lama kini telah diubah menjadi Museum Kota Lama Semarang yang memakai teknologi modern. Selagi tiket masih gratis, yuk main ke sana, Millens?

Inibaru.id – Salah satu daya tarik wisata Kota Semarang adalah kawasan Kota Lama dan sekitarnya yang bisa membuat siapa saja seperti merasa berada di Eropa. Nah, keindahan Kota Lama ternyata bakal semakin bertambah usai Museum Kota Lama Semarang resmi dibuka. Menariknya, karena masih baru, tiket masuknya masih gratis, lo.

Peresmian Museum Kota Lama Semarang yang berlokasi di Jalan Cendrawasih Nomor 1 A ini dilakukan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Rabu (9/2/2022) kemarin. Nah, menurut laki-laki yang akrab disapa Hendi ini, pembangunan museum yang dulunya adalah Bundaran Bubakan ini menghabiskan biaya Rp 3,9 miliar, Millens.

“Sudah tuntas, masyarakat bisa datang,” ungkap Hendi, Rabu (9/2).

Lantas, apa saja yang bisa kamu nikmati di Museum Kota Lama Semarang? Nah, Hendi menyebut museum ini mampu menggambarkan sejarah Kota Semarang pada zaman dahulu, tepatnya dari 1547. Koleksi-koleksi di dalam museum bisa dinikmati warga yang berkunjung.

Ditambah dengan adanya visualisasi tentang trem, kereta dalam kota yang dulu pernah hilir-mudik membelah Kota Semarang, dijamin siapa saja bakal puas melihatnya.

Karena baru buka, pihak pemerintah kota (Pemkot) Semarang memutuskan untuk nggak menarik biaya tiket dulu. Meski begitu, masyarakat yang datang diberi ‘syarat’, yakni harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hendi juga meminta pihak museum untuk mengatur mekanisme kunjungan warga agar nggak sampai memicu kerumunan.

Museum Kota Lama Semarang memakai teknologi canggih. (Antara Foto/Aji Styawan)
Museum Kota Lama Semarang memakai teknologi canggih. (Antara Foto/Aji Styawan)

Di samping itu, Hendi juga berpesan kepada pengelola untuk terus melakukan evaluasi secara berkala. Jadi, perbaikan juga bisa dilakukan untuk membuat Museum Kota Lama Semarang yang diklaim memakai teknologi canggih ini semakin baik ke depannya.

Bagi masyarakat Kota Semarang, Bundaran Bubakan, lokasi di mana pernah ada kolam dan air mancur ini sebagai lokasi yang cukup legendaris dan bahkan dijadikan patokan arah. Sayang, bundaran ini terkesan kurang terawat. Karena alasan inilah Pemkot Semarang melakukan inovasi dengan mengubahnya jadi museum.

Lokasi museum yang sangat strategis dan ramai juga membuat pemkot menata ulang lalu lintas di sana. Ditambah dengan lokasi museum yang dekat dengan pusat perdagangan, diharapkan, warga dan pelancong yang ingin berkunjung ke Kawasan Kota Lama, Pasar Johar, dan sekitarnya memiliki opsi baru untuk menikmati Kota Semarang.

Jadi, kapan nih kita main ke Museum Kota Lama Semarang, Millens? (Sol/IB09/E05)